PENERAPAN UNSUR AKTUALITAS PADA BERITA MENGENAI SELEBRITI DI KANAL HIBURAN RBG.ID PERIODE 14–27 JANUARI 2023

2006321014, Fitriah Zahwa Nissa (2023) PENERAPAN UNSUR AKTUALITAS PADA BERITA MENGENAI SELEBRITI DI KANAL HIBURAN RBG.ID PERIODE 14–27 JANUARI 2023. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Tugas Akhir & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Tugas Akhir & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Tugas Akhir & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d 4)] Text (Isi (Bab 2 s.d 4))
Isi (Bab 2 s.d 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Di zaman ini teknologi dan komunikasi berkembang sangat cepat, dengan berkembangnya teknologi dan komunikasi khususnya internet memberikan dampak bagi masyarakat. Karena masyarakat mendapatkan sejumlah informasi dengan cepat dengan berbagai sumber. Salah satu media massa yang bernaung di dunia pers merupakan suatu bentuk informasi yang dapat menjangkau kepada masyarakat secara luas.
Menurut Hafied Cangara (2018:144), media massa merupakan alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat–alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televisi.
Penulis berpendapat mengenai teori di atas dapat disimpulkan bahwa media massa merupakan salah satu saran yang berperan penting untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat, melalui saluran komunikasi massa. Dengan menggunakan radio, televisi, atau surat kabar, media massa pada awalnya masih belum berbasis online, namun seiring dengan perkembangan zaman muncul lah media daring.
Sementara itu, menurut Muhtadi (2012:19), media online sebagai media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet. Media online adalah media massa "generasi ketiga" setelah media cetak (printed media) karena tabloid, majalah, buku, dan media elektronik (electronic media) radio, televisi, dan film/video.
Media online pada mulanya merupakan suatu terobosan baru untuk memberikan informasi kepada masyarakat melalui internet, perkembangan tersebut diawali dengan munculnya sebuah website yang menyediakan layanan pencarian, kemudian seiring waktu pada akhirnya hanya media sosial yang beralih menjadi media online. Hal ini membuat masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi dengan cara mengaksesnya. Oleh karena itu, informasi yang didapatkan oleh masyarakat melalui media daring disebut sebagai berita.
Syarifudin Yunus (2010:47) mengemukakan bahwa berita merupakan laporan informasi penting yang baru atau telah terjadi dan menarik perhatian publik yang mencerminkan hasil kerja wartawan dan tugas jurnalistik.
Untuk melihat kelayakan dari suatu berita maka nilai berita sebagai acuan apakah berita tersebut layak untuk dijadikan berita atau tidak. Oleh karena itu terdapat delapan nilai berita menurut Harris, Leiter dan Johnson (1981) dalam buku karya dari Asti Musman & Nadi Mulyadi (2017:115) yakni, konflik, kemajuan, penting, dekat, aktual, unik, manusiawi,
berpengaruh.
Media berita saat ini sudah menuju media berita berbasis online, hal ini memudahkan bagaimana sebuah berita harus mampu menarik perhatian publik, aktual, konflik dan memiliki pengaruh. Beberapa media berita melakukan perubahan media cetak menjadi media online serta mengembangkan medianya dengan cara dibagi perkanal, salah satunya pada RBG.id terdapat kanal hiburan pada berita mengenai selebriti.
Dalam pembahasan ini penulis memilih kanal hiburan pada berita mengenai selebriti sebagai inti pembahasannya. Pemilihan berita mengenai selebriti didasari oleh jumlah pembaca yang lebih banyak dibandingkan berita lainnya, hal ini juga diungkapkan oleh Halima selaku admin media sosial RBG.id mengatakan bahwa berita mengenai selebriti cenderung banyak disukai pembaca. Contohnya berita mengenai Nikita Mirzani yang selalu mendapatkan jumlah pembaca yang banyak dibandingkan berita yang lain.
Salah satunya terdapat akun resmi RBG.id pada platform helo untuk berita mengenai selebriti view dapat memperoleh sebesar 100 juta. Hal ini didasari bahwa sebagian besar masyarakat khususnya di Indonesia lebih tertarik dengan informasi mengenai selebriti.
Selain itu, Lucky Lukman Nur Hakim selaku Pemimpin Redaksi RBG.id mengungkapkan bahwa agar berita kita dilihat tentunya harus mampu mengangkat angle lain, misalnya media lain mengangkat angle a berarti kita harus mengangkat angle b. Untuk kanal hiburan mengenai berita selebriti pada dasarnya mengambil status dari para selebriti di akun media sosial pribadinya, sehingga harus check and ricek ke media sosial lainnya untuk mencari angle lain. Pada umumnya berita mengenai selebriti lebih mudah didapatkan beritanya, karena mereka sebagai selebriti sendiri yang kerap kali membuatnya. Sehingga bagaimanan dari kita untuk membuat angle lainnya dan membuat berita yang menarik perhatian.
Meskipun sangat mudah dalam menemukan sebuah peristiwa, berita mengenai selebriti rentan terhadap berita hoax. Untuk memperoleh berita selebriti harus mampu memberikan nilai berita aktualitas.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Fitriah Zahwa nissa
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:35
Last Modified: 10 Aug 2023 07:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item
View Item