PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BERULANG MOBILE BANKING

1904421050, Tressya Primadewi (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BERULANG MOBILE BANKING. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (733kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (277kB)

Abstrak

Pengurangan penggunaan uang tunai sebagai alat pembayaran akibat adanya Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya peningkatan pada uang elektronik dimana juga menyebabkan terjadi peningkatan pada penggunaan metode pembayaran digital oleh berbagai generasi, terutama oleh Generasi X. Generasi X yang sering dianggap sebagai generasi yang kurang memahami teknologi nyatanya mengalami peningkatan signifikan pada penggunaan metode pembayaran digital terutama pada aplikasi mobile banking. Meskipun begitu, sebagian dari mereka masih mengalami kesulitan dalam penggunaan mobile banking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat secara parsial maupun simultan terhadap minat penggunaan berulang mobile banking oleh Generasi X. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 individu Generasi X pengguna mobile banking di Jabodetabek dengan teknik sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan alat bantu olah data SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan berulang mobile banking. Selanjutnya, variabel persepsi manfaat secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan berulang mobile banking. Sementara itu, berdasarkan hasil uji simultan diperoleh bahwa persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan berulang mobile banking. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak perbankan sebagai tambahan acuan dalam menyelidiki faktor yang mempengaruhi minat penggunaan berulang mobile banking oleh Generasi X.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Tressya Primadewi
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:35
Last Modified: 09 Aug 2023 02:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item
View Item