PENENTUAN HARGA JUAL PERBAIKAN KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME AND MATERIAL PRICING (STUDI KASUS PADA BENGKEL SINYO MOTOR)

1904431059, Adinda Maudi (2023) PENENTUAN HARGA JUAL PERBAIKAN KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME AND MATERIAL PRICING (STUDI KASUS PADA BENGKEL SINYO MOTOR). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.docx

Download (1MB)

Abstrak

Harga jual memiliki peranan penting terhadap pendapatan usaha, sehingga penentuan harga jual harus dinilai secara tepat. Salah satu metode penentuan harga jual yaitu metode time and material pricing, metode yang menentukan tarif dari upah langsung dan tarif dari bahan baku masing-masing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode yang digunakan saat ini (metode konvensional) pada bengkel, dan untuk mengetahui bagaimana penerapan time and material pricing dalam menentukan harga jual jasa perbaikan pada Bengkel Sinyo Motor. Metode analisis menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode konvensional perhitungan markup yang di tentukan tidak memiliki patokan yang pasti serta harga jual yang ditetapkan tidak termasuk biaya-biaya tidak langsung yang menjadi bagian penting dalam menentukan harga jual jasa pada bengkel, sehingga penulis ingin memberikan saran agar mempertimbangkan metode time and material pricing sebagai dasar dalam menentukan harga jual jasa perbaikan di Bengkel Sinyo Motor.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Adinda Maudi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item
View Item