PENERAPAN UNSUR HUMAN INTEREST DALAM 10 FEATURE PADA SEGMEN 4 TAYANGAN LIPUTAN 6 SEMARANG SCTV PERIODE JANUARI - MARET 2023

2006321029, Azka Nurfaiza Vania Putri (2023) PENERAPAN UNSUR HUMAN INTEREST DALAM 10 FEATURE PADA SEGMEN 4 TAYANGAN LIPUTAN 6 SEMARANG SCTV PERIODE JANUARI - MARET 2023. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Tugas Akhir& Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Tugas Akhir& Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
TUGAS AKHIR AZKA COVER - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
TUGAS AKHIR AZKA BAB II - IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)

Abstrak

Ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang pesat pada masa kini, terutama di bidang komunikasi dan teknologi penyampaian informasi. Media memainkan peran vital dalam perkembangan zaman.
Menurut Isnawijayani (2019:23), media massa adalah alat atau media yang digunakan untuk komunikasi massa. Media massa mencakup berbagai bentuk media seperti surat kabar, radio, televisi yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak yang luas.
Pemberitaan adalah proses penyampaian informasi yang aktual dan tepercaya, sehingga bidang komunikasi jurnalistik ini memegang peran penting dalam penyampaian informasi yang cepat pada khalayak ramai.
Pemberitaan dapat menggunakan media massa elektronik, yakni disampaikan kepada banyak orang, seperti televisi dan radio. Menurut Syarifudin Yunus (2012:32), media televisi adalah komunikasi yang bersifat audiovisual (dengar-lihat) dengan penyajian berita berorientasi pada reproduksi dari kenyataan.
Salah satu media televisi di Indonesia adalah Surya Citra Televisi (SCTV). Stasiun TV ini menyajikan beragam program, utamanya program berita Liputan 6 yang tayang secara nasional maupun khusus daerah (biro).
Liputan 6 Daerah hadir untuk memenuhi siaran konten lokal, sebagai sebuah kesadaran dan tanggung jawab atas syarat kuota 10 persen per hari dari siaran nasional. Selain itu juga sebagai aspek pengembangan daerah, yang meliputi sumber daya alam maupun manusia, sehingga konten lokal yang disiarkan dapat memberikan inspirasi dan menjaga kelestarian budaya daerah.
Tak hanya sebagai pemenuhan prasyarat siaran konten lokal, Liputan 6 Daerah juga hadir untuk memberikan informasi dan berita yang disusun dalam rundown atau alur tayang yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa. Berita yang ditayangkan merupakan berita pilihan dengan pertimbangan unsur dan nilai-nilai berita yang terkandung di dalamnya. Liputan 6 tak hanya menyajikan berita hard news saja, tetapi juga menyajikan feature atau soft news dalam tayangannya.
Menurut Sularto (2013:ix), feature adalah karangan khas yang digunakan media untuk menyampaikan informasi, hiburan, dan pendidikan bagi pembacanya. Feature lebih teperinci dan mendalam, serta lebih lengkap dalam memberi latar belakang dan nuansa dibandingkan berita. Berita feature ada untuk menghibur dan memberikan informasi yang awet (timeless), melalui pemaparan fakta yang bertutur dan atraktif.
Penyajian feature di Liputan 6 SCTV mengedepankan unsur human interest. Feature ditayangkan dengan sudut pandang kemanusiaan dan sisi emosional. Dengan begitu, informasi yang ingin disampaikan kepada penonton dapat mengalir dengan gaya bercerita atau storytelling. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk meneliti tentang Penerapan Unsur Human Interest dalam 10 feature pada segmen IV tayangan Liputan 6 Semarang SCTV. Oleh sebab itu, penulis memilih judul tugas akhir, “Penerapan Unsur Human Interest dalam 10 Feature pada Segmen 4 Tayangan Liputan 6 Semarang SCTV periode Januari - Maret 2023.”

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 080 Kumpulan karya umum > 080 Kumpulan karya umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Azka Nurfaiza
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:43
Last Modified: 08 Aug 2023 02:43
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item
View Item