PREFERENSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MASYARAKAT DALAM MENEMPATKAN DANA DARURAT SEBAGAI ANTISIPASI RESESI EKONOMI GLOBAL

1904411043, Amanah Nanda Septiana (2023) PREFERENSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MASYARAKAT DALAM MENEMPATKAN DANA DARURAT SEBAGAI ANTISIPASI RESESI EKONOMI GLOBAL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi_Amanah Nanda Septiana_1904411043.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi Skripsi_Amanah Nanda Septiana_1904411043.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Preferensi dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Masyarakat dalam Menempatkan Dana Darurat Sebagai Antisipasi Resesi Ekonomi Global.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (688kB)

Abstrak

Perekonomian dan stabilitas perdagangan di dunia belum kembali stabil pascapandemi covid-19, diperparah dengan terjadinya perang Rusia dengan Ukraina. Dampak dari situasi saat ini membuat pengeluaran rutin harus tetap berjalan bahkan bertambah, sementara ada ketidaksesuaian antara penghasilan dan pengeluaran. Disinilah pentingnya mempersiapkan dana darurat dengan mencari alternatif tambahan penghasilan selain dari gaji tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor yang memengaruhi masyarakat generasi muda dalam menempatkan dana darurat serta melihat variabel yang dominan dengan metode Exploratory Analysis Factor (EFA). Pada penelitian ini menggunakan variabel risk tolerance, financial behaviour, personal income, dan financial knowledge dengan faktor item sebanyak 20 indikator pertanyaan. Penelitian ini juga melihat preferensi masyarakat dalam menempatkan dana darurat dan alasan pertimbangan dalam memilih tempat penyedia jasa dana darurat. Sebanyak 125 responden dijadikan sampel penelitian berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji validitas, uji reabilitas, analisis faktor eksploratori, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 20 indikator pertanyaan, terdapat 16 indikator pertanyaan berpengaruh secara dominan. Dari 16 indikator pertanyaan terbagi ke dalam 4 faktor dominan secara berurutan yaitu risk tolerance, financial behavior, personal income, dan financial knowledge. Urutan preferensi produk dana darurat dari yang teratas yaitu tabungan, emas, deposito, dan reksa dana pasar uang, dengan preferensi pemilihan tempat penyedia jasa produk dana darurat yaitu bank, perusahaan jual beli emas, manajer investasi, dan pegadaian. Alasan pertimbangan pemilihan tempat penyedia jasa pada mayoritas responden yaitu alasan kepercayaan terhadap tempat penyedia jasa produk dana darurat. Diharapkan adanya tanggung jawab bersama untuk lebih meningkatkan literasi keuangan agar menabung dana darurat lebih giat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Amanah Nanda Septiana
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:10
Last Modified: 25 Aug 2023 03:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11904

Actions (login required)

View Item
View Item