1904431031, Wulandari Sanusih (2023) PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING METHOD DALAM MENENTUKAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN PER SISWA PADA STUDI KASUS SMK XYZ. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Abstrak.pdf
Download (219kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung biaya satuan pendidikan dengan menggunakan metode tradisional dan Activity Based Costing pada SMK XYZ tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara dan observasi dan data sekunder berupa data Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja SMK XYZ 2022/2023 dan data lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan perbandingan metode Tradisional dan Activity Based Costing terjadi overcosting biaya satuan pendidikan kelas X Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran sebesar Rp27.156, Rp28.688, dan Rp6.871 serta XII Admnistrasi Perkantoran sebesar Rp13.603. Dan undercosting biaya satuan pendidikan kelas XI Akuntansi, Admnistrasi Perkantoran, Pemasaran sebesar Rp45.648, Rp7.139, dan Rp26.660 serta XII Akuntansi dan Pemasaran sebesar Rp3.179 dan Rp38.266. Hal tersebut terjadi karena dalam metode Activity Based Costing pembebanan biaya sesuai dengan aktivitas.
Kata Kunci: Biaya Satuan Pendidikan, Metode Tradisional, Activity Based Costing
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Akuntansi D4 |
User ID Pengunggah: | Wulandari Sanusih |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:05 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:05 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11866 |