KINERJA KEUANGAN BANK DIGITAL SYARIAH DENGAN METODE RISK PROFILE GOOD CORPORATE GOVERNANCE EARNINGS CAPITAL DAN SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY MODEL (STUDI BANK ALADIN SYARIAH)

1904411029, Aprilia Nur Fitriana (2023) KINERJA KEUANGAN BANK DIGITAL SYARIAH DENGAN METODE RISK PROFILE GOOD CORPORATE GOVERNANCE EARNINGS CAPITAL DAN SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY MODEL (STUDI BANK ALADIN SYARIAH). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) Penutup (Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) Penutup (Bab 5))
HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (883kB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Artikel SNAM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (431kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Bank Aladin Syariah yang mengalami kerugian setelah beralih menjadi bank digital atau sejak triwulan kedua 2021 sampai triwulan keempat 2022, sehingga perlu dilakukan penilaian kinerja keuangan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja keuangan dengan metode RGEC dan SCnP serta evaluasi kinerja keuangan Bank Aladin Syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan, laporan GCG dan sumber pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan Bank Aladin Syariah menggunakan metode RGEC pada tahun 2020 dalam keadaan sehat dan tahun 2021 sampai 2022 dalam keadaan cukup sehat. Kinerja keuangan Bank Aladin Syariah dengan metode SCnP pada tahun 2020 berada pada posisi URQ (Upper Right Quadrant) dan tahun 2021 sampai 2022 berada pada posisi LRQ (Lower Right Quadrant). Evaluasi dari perhitungan rasio, terdapat beberapa rasio dalam kondisi baik dan harus dipertahankan perusahaan seperti rasio NPF, CAR, Islamic Investment, Islamic Income. Adapun rasio yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan yaitu rasio FDR, ROA, ROE, NOM, NPM, dan Profit Sharing. Terdapat implikasi hasil penelitian diantaranya bagi akademisi dapat dijadikan sumber pengetahuan terkait kinerja keuangan perbankan syariah. Bagi Bank Aladin Syariah penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bank. Bagi calon investor dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam melakukan investasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Aprilia Nur Fitriana
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:05
Last Modified: 25 Aug 2023 03:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item
View Item