PERANCANGAN BUKU CERITA INTERAKTIF "PEMUDA DAN SINGA" SEBAGAI MEDIA EDUKASI ABK DI SEKOLAH KHUSUS KAK SETO

1906421017, Azkiya Nur Shafrina (2023) PERANCANGAN BUKU CERITA INTERAKTIF "PEMUDA DAN SINGA" SEBAGAI MEDIA EDUKASI ABK DI SEKOLAH KHUSUS KAK SETO. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Laporan TA_Azkiya Nur Shafrina_DG 8A (BAB 1 & BAB 5).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Laporan TA_Azkiya Nur Shafrina_DG8A (BAB 2 - BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (53MB)

Abstrak

Saat ini, pemanfaatan media pembelajaran pada sekolah khusus masih belum diperuntukkan secara spesifik untuk anak berkebutuhan khusus. Pemanfaatan media hanya sebatas digunakan oleh siswa normal pada umumnya dengan karakteristik yang hampir sama (Tumanggor et al., 2023). Oleh karena itu, sebagai lembaga yang bergerak di pendidikan khusus, Sekolah Khusus Kak Seto memiliki keinginan membuat media pembelajaran berupa buku yang dikhususkan untuk anak berkebutuhan khusus agar dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran dan membantu siswa berkebutuhan khusus memahami materi yang disampaikan. Dalam hal ini, buku cerita interaktif menjadi solusi dalam permasalahan tersebut. Dalam perancangannya, buku cerita interaktif berjudul “Pemuda dan Singa” menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Adapun metode riset yang digunakan ialah metode design thinking. Hasil yang diperoleh berupa penggunaan layout asimetris dengan ilustrasi yang ramai dan menyebar, warna earth tone yang cerah, tipografi judul dengan jenis huruf dekoratif yang menyenangkan, tipografi isi dengan jenis font sans serif yang mudah dibaca, penggunaan gaya ilustrasi sederhana serta tekstur krayon pada karakter. Terdapat beberapa media pendukung seperti stiker, puzzle, dan lembar mewarnai. Selain itu, buku cerita ini memuat konsep interaktif yang dapat mendukung alur cerita sehingga anak berkebutuhan khusus dapat memahami pesan yang disampaikan. Melalui perancangan ini, tujuan yang ingin dicapai ialah merancang media edukasi bagi siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Khusus Kak Seto berupa buku cerita interaktif “Pemuda dan Singa” serta media pendukung melalui proses perancangan yang menerapkan teori desain grafis.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Azkiya Shafrina
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:38
Last Modified: 07 Aug 2023 06:38
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11812

Actions (login required)

View Item
View Item