PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL KRISNA PRODUCTIONS UNTUK MEREPRESENTASIKAN BRAND

1906421007, Nabilla Nita Dewani (2023) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL KRISNA PRODUCTIONS UNTUK MEREPRESENTASIKAN BRAND. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
HALAMAN IDENTITAS_SKRIPSI_NABILLA NITA DEWANI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of isi bab 2 sd. bab4] Text (isi bab 2 sd. bab4)
HALAMAN ISI_SKRIPSI_NABILLA NITA DEWANI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

UMKM adalah sebuah sektor usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perorangan ataupun kelompok dan bergerak dalam beberapa bidang. Krisna Productions merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang jasa wedding organizer dan memanfaatkan kearifan lokal budaya Jawa sebagai daya tarik usahanya. Selama 15 tahun berdiri Krisna Productions belum memiliki identitas visual yang resmi dan selalu berubah-ubah sehingga citra brand kepada calon konsumen sulit untuk tersampaikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukannya perancangan ulang identitas visual Krisna Productions untuk merepresentasikan brand dengan menggunakan mix method yaitu kombinasi antara metode kualitatif dan kuantitatif yaitu. Demi memenuhi tujuan tersebut maka dilakukannya metode proses desain dimulai dari perancangan konsep visual pada mindmap dan moodbooard. Lalu dilanjutkan dengan proses desain berupa pembuatan sketsa kasar, sketsa halus, digitalisasi hingga terpilihnya desain akhir. Selanjutnya dari final logo tersebut dikembangkan dan diaplikasikan menjadi beberapa media turunan sesuai dengan kebutuhan Krisna Productions. Setelah terbentuknya desain final logo sesuai dengan konsep perancangan maka dilakukan sebuah metode testing melalui online survey untuk mengetahui apakah logo tersebut telah merepresentasikan brand atau belum. Identitas visual berupa logo ini dirancang sesuai dengan konsep tradisional, wayang kulit Krisna, dan vintage dengan beberapa elemen batik dan elegan ornamen dengan logotype font jenis serif sehingga dapat merepresentasikan citra dari brand Krisna Productions yang memanfaatkan budaya Jawa sebagai daya tarik usahanya. Dengan terbentuknya identitas visual berupa logo pada UMKM Krisna Productions diharapkan dapat menjadi solusi desain yang merepresentasikan citra dan nilai produk dari brand Krisna Productions dimata konsumen untuk menambahkan daya tarik sehingga dapat bermanfaat untuk pengembangan pada usaha ini.

Kata kunci: UMKM, Identitas Visual, Logo, Tradisional Jawa, Wedding Organizer

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Nabilla Nita Dewani
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:30
Last Modified: 04 Aug 2023 09:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11628

Actions (login required)

View Item
View Item