PERANCANGAN MESIN PENYORTIR SEKRAP ALUMINIUM DAN SAND CORE GUNA UNTUK MENGURANGI LOSS MATERIAL PT WIJAYA KARYA INDUSTRI & KONSTRUKSI

2002311026, Muhammad Rayhan Adri (2023) PERANCANGAN MESIN PENYORTIR SEKRAP ALUMINIUM DAN SAND CORE GUNA UNTUK MENGURANGI LOSS MATERIAL PT WIJAYA KARYA INDUSTRI & KONSTRUKSI. [Laporan Kampus Merdeka]

[thumbnail of Laporan OJT WIKA Rayhan Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Laporan OJT WIKA Rayhan Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Laporan OJT WIKA Rayhan Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Laporan OJT WIKA Rayhan Bab 2 dan 3] Text (Laporan OJT WIKA Rayhan Bab 2 dan 3)
Laporan OJT WIKA Rayhan Bab 2 dan 3.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Pada saat ini industri otomotif terus berkembang pesat sesuai dengan kemajuan teknologi dan zaman. PT Wijaya Karya memiliki pabrik yang bergerak di bidang produksi sparepart kendaraan bermotor. Salah satu sparepart yang banyak diproduksi oleh PT Wika sendiri berupa pipa yang bahan baku materialnya berasal dari Aluminium Ingot, pada pabrik ini produksi sparepart tersebut termasuk ke dalam Plant Casting. Plant Casting tidak hanya terdiri dari bahan baku Aluminium Ingot saja, terdapat bahan baku utama lain seperti Pasir Resin dan juga ada bahan baku pendukung produksi lainnya.
Proses produksi di Plant casting ini dijalankan oleh banyak operator, bisa dikatakan pekerjaan di Pabrik ini tidak sepenuhnya menggunakan mesin secara otomatis. Pekerjaan yang dilakukan oleh manusia pasti tidak berjalan mulus secara terus menerus, ada saja permasalahan yang terjadi di pabrik, baik secara proses maupun pengelolaan. Salah satu permasalahan yang terjadi pada pabrik ini yaitu loss material yang dihasilkan selama proses produksi berlangsung. Material yang di kategorikan Loss dalam permasalahan ini yaitu Sekrap Aluminium yang bercampur dengan Sand Core (Pasir Resin) pada proses hammering. Hal ini tentu saja menjadi permasalahan 2 sisi, yaitu untuk aspek ekonomi itu tentu saja membuang bahan baku Aluminium Ingot yang harus nya bisa dilebur ulang di tungku dan aspek lingkungan dimana pengelolaan limbah yang kurang bagus.
Dalam perwujudan solusi dari masalah tersebut, penulis merancang mesin penyortir Sand Core dengan sekrap aluminium. Mesin ini merupakan perpaduan antara 2 prinsip mesin yaitu mesin Roller Crusher dan mesin pengayak pasir. Dimana mesin Roller Crusher berfungsi untuk menguraikan bongkahan Sand Core dan mesin pengayak pasir berfungsi untuk memisahkan sekrap aluminium dari Sand Core. Untuk perancangan mesin penyortir ini menggunakan Software SolidWorks 3D.

Tipe Dokumen: Laporan Kampus Merdeka
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 672 Besi, baja, produk paduan besi lainnya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 673 Logam bukan besi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Muhammad Rayhan Adri
Date Deposited: 29 May 2023 02:56
Last Modified: 29 May 2023 02:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item
View Item