PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUDIO DIGITAL MENGGUNAKAN UNITY

1807431001, Prayoga Bayu Lail (2023) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUDIO DIGITAL MENGGUNAKAN UNITY. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul , Pendahuluan, Dan Penutup] Text (Judul , Pendahuluan, Dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 Sd BAB 4] Text (Isi Bab 2 Sd BAB 4)
Isi Bab II SD Bab IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (372kB)

Abstrak

Di era ini, Teknologi tidak dapat lepas dari penyelenggaraan berbagai macam hal. Sebuah teknologi pula mempunyai banyak khasiat, salah satu dari permanfaatan teknologi yang telah akrab dengan manusia merupakan permanfaatan teknologi di bidang pembelajaran. Upaya pengembangan teknologi kedalam proses pendidikan harus di lakukan agar teknologi bisa di donasikan ke sesuatu positif untuk tujuan pendidikan. Saat indonesia memperlakukan kegiatan jarak jauh, terlebih disebabkan mengalami pandemi Covid- 19 kurang lebih 2 tahun. Hal ini menyebabkan Kegiatan Belajar Mengajar menjadi sulit. Politeknik Negeri Jakarta khususnya Jurusan Teknik Informatika Komputer agak kesulitan untuk mengimplementasikan pembelajaran materi audio digital menjadi media pembelajaran interaktif. Dari wawancara bersama Bapak Iwan Sonjaya S.T., M.T Selaku kepala program Prodi Teknik Multimedia Digital, beliau mengatakan proses mengajar materi audio digital agak sulit, karena mahasiswa masih kesulitan memahami materi dan kesulitan untuk mengetahui cara kerja alat dari audio digital tersebut. Maka di lakukan penelitian pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Unity 3D dan berbasis simulasi praktek untuk materi multimedia audio lengkap dengan penjelasan dan simulasi cara kerja alat tersebut. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Materi Audio Digital menggunakan metode multimedia MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Output yang ditampilkan pada pembuatan media pembelajaran interaktif ini adalah berupa simulasi audio, informasi alat, serta denah laboratorium multimedia. Dengan Menggunakan testing Alpha Testing dan Beta Testing yang di lakukan kepada dosen dan mahasiswa. Dan hasil output yang sudah didapatkan, 90,27% mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta pada Jurusan TIK Prodi TMD menyatakan bahwa Media Pembelajaran Interaktif "Multimedia Audio Digital" dapat berjalan dengan baik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
700 - Seni dan Rekreasi > 780 Musik > 780 Musik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: S.Tr Prayoga Bayu
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:23
Last Modified: 11 Apr 2023 07:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item
View Item