PEMANTAUAN KINERJA MOTOR INDUKSI PADA PROTOTYPE MONITORING KECEPATAN PUTAR MOTOR BERBASIS WEB APLIKASI

2103443012, Almira Permatasari (2023) PEMANTAUAN KINERJA MOTOR INDUKSI PADA PROTOTYPE MONITORING KECEPATAN PUTAR MOTOR BERBASIS WEB APLIKASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Judul Pendahuluan Dan Penutup.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (432kB)

Abstrak

Perkembangan transformasi digital pada sektor industri berkembang sangat cepat. Banyak perusahaan yang melakukan proses produksi dengan bantuan sistem digital. Salat satu alat yang sering digunakan dalam industri adalah motor induksi. Kinerja motor induksi mempengaruhi beban dalam menghasilkan produk. Maka dari itu dilakukan perancangan sistem pemantauan melalui aplikasi web untuk membantu manusia dalam menganalisa kinerja motor dari data yang bisa dipantau tanpa harus kontak langsung dengan peralatan. Sistem dirancang dengan cara memasukkan alamat program ke dalam PLC yang terhubung wireless menggunakan komunikasi modbus TCP/IP. Informasi yang dibutuhkan lalu masuk ke aplikasi web yang terhubung jaringan internet. Dengan sistem pemantauan melalui aplikasi web ini diharapkan kinerja motor induksi dapat terpantau dengan baik sehingga kemungkinan error dapat diminimalisir. Skripsi ini akan menjabarkan bagaimana analisa kinerja motor setelah dilakukan pemantauan melalui aplikasi web. Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan metode pengembangan dari penelitian terdahulu. Skripsi ini menghasilkan sistem yang dapat menampilkan data yang dapat digunakan untuk menganalisa kinerja motor induksi. Pengujian sistem aplikasi web memiliki keunggulan yang tinggi dalam memantau data real time.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: S.Tr.t Almira Permatasari
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:16
Last Modified: 26 Mar 2024 04:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item
View Item