IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI METODE LOAD BALANCING DENGAN NGINX

Ayuningtyas, Restiani (2023) IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI METODE LOAD BALANCING DENGAN NGINX. Laporan Lainnya. Teknik Elektro: Broadband Multimedia D4, Jakarta. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Magang - Restiani Ayuningtyas.pdf] Text
Laporan Magang - Restiani Ayuningtyas.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Kemajuan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan meningkatnya penggunaan internet dan jaringan. Penggunaan secara serentak saat melakukan akses pada sebuah server dapat menyebabkan server mengalami down karena terjadi overload pada server tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu solusi untuk mengani masalah tersebut, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode load balancing. Load balancing adalah metode untuk mendistribusikan beban trafik pada beberapa server agar trafik dapat berjalan secara optimal, memaksimalkan throughput dan menghindari overload pada salah satu server. Penelitian ini menerapkan metode load balancing dengan menggunakan Nginx dan berada dalam sistem virtual menggunakan tools Oracle VM VirtualBox. Berdasarkan hasil pengujian yang didapat, dengan menerapkan load balancing mengakibatkan web server memiliki performa yang stabil. Penerapan load balancing menyebabkan peningkatan skalabilitas dan ketersediaan server karena load balancer akan mendistribusikan trafik menuju ke beberapa web server yang tersedia.

Tipe Dokumen: Dokumen Internal (Laporan Lainnya)
Kata Kunci Uncontrolled: load balancing, Nginx, VirtualBox, web server
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Restiani Ayuningtyas
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:01
Last Modified: 13 Feb 2023 02:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10404

Actions (login required)

View Item
View Item