MEMBANGUN INFRASTRUKTUR CACHING NGINX YANG DAPAT DISKALAKAN DENGAN KUBERNETES

Ramadhana, Muhammad Fajar (2023) MEMBANGUN INFRASTRUKTUR CACHING NGINX YANG DAPAT DISKALAKAN DENGAN KUBERNETES. Laporan Lainnya. Teknik Elektro: Broadband Multimedia D4, Depok. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Magang - Muhammad Fajar Ramadhana.pdf] Text
Laporan Magang - Muhammad Fajar Ramadhana.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Implementasi caching server menggunakan Nginx yang diorganisasikan dengan Kubernetes. Penulis mengambil website www.kompas.com sebagai objek pengamatan. Melalui pengujian, penulis membuktikan bahwa caching dapat membuat jumlah permintaan data yang dibutuhkan lebih sedikit dan mempercepat waktu loading halaman. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tanpa cache, browser melakukan 302 permintaan dengan ukuran data sebesar 3.7 MB dan membutuhkan waktu 6.48 detik untuk memuat seluruh halaman. Dengan menggunakan cache, browser hanya melakukan 290 permintaan dengan ukuran data sebesar 392 kB dan membutuhkan waktu 3.21 detik untuk memuat seluruh halaman. Dibahas juga tentang scale up pod dalam infrastruktur yang diterapkan. Kesimpulan dari laporan magang ini adalah implementasi caching server dan scale up pod dapat mempercepat waktu loading halaman dan mengurangi beban pada origin server.

Tipe Dokumen: Dokumen Internal (Laporan Lainnya)
Kata Kunci Uncontrolled: caching, kubernetes, web applications, nginx
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Muhammad Fajar Ramadhana
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:00
Last Modified: 13 Feb 2023 02:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10401

Actions (login required)

View Item
View Item