IMPLEMENTASI NGINX INGRESS CONTROLLER PADA KUBERNETES CLUSTER UNTUK MICROSERVICE APP

Horman, Hanun Hafidza (2023) IMPLEMENTASI NGINX INGRESS CONTROLLER PADA KUBERNETES CLUSTER UNTUK MICROSERVICE APP. Laporan Lainnya. Teknik Elektro: Broadband Multimedia D4, Depok. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Magang_Hanun Hafidza Horman.pdf] Text
Laporan Magang_Hanun Hafidza Horman.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Kubernetes digunakan sebagai platform untuk orkestrasi dan pengelolaan Pod. Dalam praktiknya, microservice dikontainerisasi dan disebarkan pada klaster kubernetes sebagai pod. Oleh karena itu, Kubernetes menyediakan service sebagai abstraksi untuk dapat mengakses pod. Untuk mengekspos service agar dapat diakses oleh client dari luar klaster Kubernetes, yaitu dengan menggunakan NodePort dan LoadBalancer. Mengekspos service dengan NodePort atau LoadBalancer mengharuskan client mengetahui semua IP node atau IP LoadBalancer yang diekspos ke publik. Kubernetes menyediakan ingress untuk memudahkan client mengakses service internal dengan menggunakan nama atau domain. Agar ingress dapat berjalan di klaster kubernetes dibutuhkan ingress controller. Salah satu ingress controller yang dapat digunakan pada kubernetes, yaitu NGINX Ingress Controller. NGINX Ingress Controller menyediakan kemampuan perutean HTTP atau HTTPS dan SSL sederhana. Proyek ini menggunakan kubernetes untuk menyebarkan aplikasi microservice Sock Shop dan mengekspos service aplikasi dengan menggunakan ingress. Domain yang dibuat agar client dapat mengkases service Sock Shop ini adalah sock-shop.com dan menggunakan NGINX ingress controller agar aplikasi Sock Shop dapat dipublikasi dengan protokol HTTP dan HTTPS.

Tipe Dokumen: Dokumen Internal (Laporan Lainnya)
Kata Kunci Uncontrolled: Ingress, Kubernetes, Microservice, Nginx
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Hanun Hafidza Horman
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:00
Last Modified: 13 Feb 2023 02:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10399

Actions (login required)

View Item
View Item