PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SISTEM KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN GUDANG TERNAKPEDIA BERBASIS INTERNET OF THINGS

2103423004, Rizki Azka Fihi Aghnia (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SISTEM KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN GUDANG TERNAKPEDIA BERBASIS INTERNET OF THINGS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Dokumen Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Dokumen Skripsi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Ketika sebuah tempat digunakan sebagai gudang untuk menyimpan barang berharga dalam bentuk apapun, tempat itu akan beresiko dijadikan incaran oleh pencuri dan juga tidak luput dari kemungkinan terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, perlu dibuatnya sebuah sistem yang dapat memantau kondisi gudang secara real-time dan mendeteksi terjadinya kebakaran sehingga dapat segera ditangani jika terjadinya pembobolan atau kebakaran di gudang Ternakpedia selaku mitra skripsi. Pembuatan Aplikasi Mobile berbasis Android yang terintegrasi dengan “Sistem Keamanan dan Perlindungan Gudang” menggunakan framework Flutter bermaksud untuk mengatasi hal ini. Aplikasi Android ini menggunakan Firebase sebagai back-end keseluruhannya sehingga aplikasi dapat menampilkan hasil pengukuran sensor – sensor dan mengendalikan salah satu dari dua alarm yang terdapat pada sistem. Aplikasi ini menggunakan sebuah WebView untuk mengakses tautan livestream ESP32Cam yang terbentuk dari Websocket yang dijalankan di Virtual Machine yang disediakan di Google Cloud Platform. Pengujian keakuratan nilai data sensor dan notifikasi mendapatkan persentase 100%. Feed Livestream yang dibuat nyaman untuk dijadikan fungsi pengawasan karena memiliki frame rate sebesar 53 – 54 FPS dan dapat dimuat di aplikasi. Pengujian yang dilakukan berdasarkan standar kualitas ISO 25010, yakni Functional Suitability dan Coexistence mendapatkan persentase 100% dan masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Pengujian yang berdasarkan standar ISO 25010 lainnya, yakni Performance Efficiency didapatkan penggunaan CPU dan memori rata – rata sebesar 3.7535% dan 154,372.4 KB. Pengujian yang berdasarkan standar ISO 25010 yang terakhir, yakni Usability mendapatkan persentase usability 89.33% dan masuk ke kategori “Sangat Baik”.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Rizki Azka Fihi Aghnia
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:20
Last Modified: 08 Feb 2023 01:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item
View Item