PEMBUATAN 3D MODELLING MEDIA EDUKASI VIRTUAL LABORATORIUM PEMBELAJARAN MULTIMEDIA AUDIO DIGITAL

1807431004, Aulia Windy Agfiyarisha Ahrip (2023) PEMBUATAN 3D MODELLING MEDIA EDUKASI VIRTUAL LABORATORIUM PEMBELAJARAN MULTIMEDIA AUDIO DIGITAL. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
JURNAL PEMBUATAN 3D MODELLING MEDIA EDUKASI VIRTUAL LABORATORIUM MULTIMEDIA AUDIO DIGITAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (731kB)

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi yang telah mempengaruhi segala aspek kehidupan, baik dibidang ekonomi, politik, seni, perdangan hingga pendidikan. Terlebih lagi setelah pandemi Covid-19 yang mengharuskan proses belajar mengajar dialihkan secara daring. Mata kuliah “Multimedia audio digital” pada Program Studi Teknik Multimedia Digital, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta merupakan salah satu mata kuliah yang mengharuskan pembelajaran praktik tanpa tatap muka. Virtual Laboratorium merupakan salah satu alternatif pengajaran agar mahasiswa dapat mengenal, memahami, serta mencoba alat audio digital dengan mudah secara virtual melalui experience yang menakjubkan. Virtual laboratorium ini berupa media interaktif yang terdiri dari 3D Modelling alat-alat audio digital, simulasi audio, serta materi singkat mengenai alat tersebut. Penggunaan model 3D ini digunakan untuk membantu mahasiswa menerima semua materi alat penunjang audio digital yang telah diajarkan. 3D Modelling dalam aplikasi ini dibuat menjadi tiga jenis yakni, model 3D alat penunjang alat audio digital, penunjang virtual laboratorium, dan environment virtual laboratorium. 3D Model dibuat dalam aplikasi blender, dengan hasil model (.blend), yang selanjutnya diimplementasikan dalam aplikasi virtual laboratorium. Penelitian ini menghasilkan 11 aset 3D modelling 3D yakni, 7 aset alat audio digital, 2 aset penunjang virtual laboratorium, dan 2 aset environment. Penelitian pembuatan 3D Modelling untuk virtual laboratorium multimedia audio digital ini dilakukan menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Live Cycle). Berdasarkan hasil dari pengujian aplikasi kepada 39 responden, 81% setuju model 3D sudah ditampilkan dengan baik dalam aplikasi virtual laboratorium dan layak digunakan untuk pembelajaran mahasiswa, 19% lainnya mengatakan model 3D sudah cukup baik ditampilkan dalam aplikasi virtual laboratorium.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Aulia Windy Agfiyarisha Ahrip
Date Deposited: 08 Feb 2023 00:57
Last Modified: 08 Feb 2023 00:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item
View Item