KALIBRASI SENSOR PARAMETER LIMBAH CAIR TAMBANG BATU BARA MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI LINIER

2103433025, Urfi Lutfiana Sabila (2023) KALIBRASI SENSOR PARAMETER LIMBAH CAIR TAMBANG BATU BARA MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI LINIER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
JudulPendahuluandanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (453kB)

Abstrak

Batu bara mengandung berbagai mineral dan unsur anorganik yang dapat terlarut dalam limbah cair hasil pengolahan batu bara sehingga dilakukan pemantauan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Untuk itu sistem data logger untuk parameter limbah cair pada tambang batu bara menjadi solusinya. Sistem menggunakan sqlite3 untuk database lokalnya. Database terdiri dari dua tabel, yaitu tabel data dan tabel unsent data. Tabel unsent_data akan terisi ketika data gagal dikirimkan ke URL API karena gagal koneksi. Sedangkan tabel data digunakan untuk menyimpan seluruh data. Tabel data akan dihapus secara daily pada saat jam 24:00. API digunakan untuk koneksi antara sistem dan server KLHK beserta web sparing. HMI akan digunakan sebagai indikator parameter limbah cair sekaligus interface untuk mengkalibrasi sensor pada site. Terdapat tiga parameter yang akan diukur oleh sistem yaitu; pH, TSS dan Debit. Kalibrasi dari sensor menggunakan regresi linier dan mencari nilai akurasi melalui metode Root of the Sum Squared (RSS). Setiap data dari sensor akan dikirimkan setiap dua menit mengikuti waktu GMT. Berdasarkan pengujian yang dilakukan didapatkan tingkat akurasi pengukuran untuk sensor WBH-485-pH sebesar 98.66%, sensor WPT- 7101-TSS sebesar 98.32% dan sensor level HPT-604 sebesar 99%. Hasil dari regresi linier untuk sensor TSS dapat mengkonversi output digital menjadi nilai TSS dengan satuan mg/L dan untuk sensor level dapat mengkonversi nilai output satuan MH2O menjadi satuan debit (liter/detik). Dari hasil pengujian juga didapatkan data pengukuran sensor yang dapat ditampilkan pada HMI.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 622 Teknik tambang dan teknik pertambangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Urfi Lutfiana Sabila
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:21
Last Modified: 08 Feb 2023 02:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item
View Item