RANCANGAN USAHA PLATFORM BERBASIS WEBSITE UNTUK JASA PENYEWAAN BARANG PRODUKSI EVENT OLEH PT VESANA MUDA BERKARYA

1805413091, Nada Nashiratunnisa Bilqis and 1805413036, Sarita Rahmayati and 1805413038, Vergita Angelyca (2022) RANCANGAN USAHA PLATFORM BERBASIS WEBSITE UNTUK JASA PENYEWAAN BARANG PRODUKSI EVENT OLEH PT VESANA MUDA BERKARYA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
PT VESANA MUDA BERKARYA-(Judul, Pendahuluan, Penutup).pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Isi BAB 3 s.d. BAB 6] Text (Isi BAB 3 s.d. BAB 6)
PT VESANA MUDA BERKARYA (ISI BAB 3-6).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (960kB)

Abstrak

PT Vesana Muda Berkarya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan barang produksi event berupa platform marketplace berbasis website, yaitu sebuah platform yang mempertemukan vendor dengan konsumen atau event organizer, dimana platform kami akan banyak pilihan vendor event untuk disewakan. Dalam hal ini, kami ingin membuat platform marketplace untuk industri event dan penyelenggara acara sebagai upaya pertumbuhan dan mempermudah bagi industri event, sehingga dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik dan terus maju.

Perusahaan kami memiliki virtual office yang berlokasi di Centennial Tower yang berada di Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Produk yang kami tawarkan adalah berupa membership yang terbagi menjadi 4 (empat) kategori pada tahun pertama penjualan (2023) yaitu Gold (early), Gold (Normal), Silver, dan Bronze.Kemudian pada tahun kedua (2024) dan ketiga (2025) penjualan menjadi 3 (tiga) kategori yaitu Gold (Normal), Silver, dan Bronze. Tujuan kami membuat produk membership adalah meningkatkan penjualan dari para vendor, selain itu kami juga membantu vendor untuk mempromosikan usahanya melalui iklan-iklan di media sosial maupun website. Nantinya diharapkan produk tersebut dapat membantu ekosistem antara vendor dan penyelenggara acara untuk membuka banyak peluang pada industri event.

Berdasarkan penjelasan produk tersebut, PT Vesana Muda Berkarya menggunakan strategi pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Target pasar produk kami yaitu para pelaku di industri event yaitu pemilik vendor dan penyelenggara acara atau bisa disebut dengan event organizer yang berada di wilayah Jabodetabek. PT Vesana Muda Berkarya juga berusaha memperluas jangkauan pelaku industri event yang berada di luar Jabodetabek. PT Vesana Muda Berkarya telah membuat proyeksi penjualan pada tahun 2023, 2024, 205. Di tahun 2023 kami memiliki target penjualan pada 154 penjualan, tahun 2024 target penjualan berjumlah 183, dan pada tahun 2025 target penjualan berjumlah 201.

PT Vesana Muda Berkarya telah membuat perencanaan keuangan untuk melihat bahwa bisnis yang dibuat oleh PT Vesana Muda Berkarya layak dijalankan. Perencanaan awal keuangan kami diawali dengan pembagian modal usaha masing- masing pendiri bersama dengan komisaris dengan total keseluruhan sebesar Rp150.000.000. Perencanaan usaha kami dimulai dari tahun 2022, namun untuk penjualan produk membership yang dimiliki oleh PT Vesana Muda Berkarya dimulai pada awal Januari 2023. PT Vesana Muda Berkarya memproyeksikan laba tiap tahunnya, yaitu sebesar Rp 91.772.763 pada tahun 2023, Rp 88.431.555 pada tahun 2024 dan Rp 145.211.698 pada tahun 2025.

Kami juga melakukan analisis kelayakan usaha melalui analisis keuangan perusahaan PT Vesana Muda Berkarya. Berdasarkan perhitungan analisis payback period, modal investasi sebesar Rp 150.000.000 dapat dikembalikan dalam kurun waktu 2 tahun 2 bulan 20 hari. Selanjutnya melalui perhitungan Net Present Value (NPV) dengan suku bunga bank 7.95% didapatkan hasil yaitu sebesar Rp 110.912.683 yang berarti investasi layak dijalankan. Kemudian hasil perhitungan Internal Rate of Return (IRR) didapatkan hasil IRR sebesar 31.17% lebih besar dari tingkat suku bunga bank dan juga Return of Investment tahun 2023 sebesar 48,59%, tahun 2024 sebesar 32,06% dan di tahun 2025 sebesar 34,18%. Berdasarkan perhitungan Profitability Index (PI) sebesar 1.74 lebih besar dari 1, sehingga PT Vesana Muda Berkarya dikatakan layak untuk dijalankan. Berdasarkan rincian di atas, PT Vesana Muda Berkarya berkeyakinan bahwa perusahaan ini dapat dijalankan dan mampu bersaing dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email vergita.angelyca.an18@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:16
Last Modified: 10 Jan 2023 06:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item
View Item