Febrian, Dandy and Novie Syachkinah, Rifani and Olva Titania, Yollanda (2023) RANCANGAN BISNIS PENYELENGGARA MEET & GREET GRUP IDOLA INDONESIA OLEH CV KREASI NUSANTARA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Bab Isi - CV Kreasi Nusantara (Dandy Febrian, Rifani Novie Syachkinah, Yollanda Olva Titania).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Halaman Identitas Skripsi - CV Kreasi Nusantara (Dandy Febrian, Rifani Novie Syachkinah, Yollanda Olva Titania).pdf
Download (4MB)
Abstrak
CV Kreasi Nusantara yang akan didirikan pada tanggal 8 September 2022 merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Penyelenggara meet & greet Boy/Girl Group Indonesia yang diberi nama MeeTalk.
CV Kreasi Nusantara akan fokus dalam penyelenggaraan Meet & Greet secara offline di daerah Jakarta, dan online bagi mereka yang berada di luar Jakarta. Penyelenggaraan Meet & Greet ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang berkesan kepada para penggemar dari Boy/Girl Group di Indonesia. Promosi akan dilakukan melalui website dan Media Sosial dengan menyediakan berbagai fitur dan konten-konten yang diharapkan dapat menarik minat target pasar.
Alasan memilih bisnis ini karena pelaksanaan meet & greet khususnya bagi Boy/Girl Group di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan, terlihat pada tahun 2019 – 2021. Pada tahun 2019 terdapat 54 pelaksanaan meet & greet bagi Boy/Girl Group di Indonesia, lalu di tahun 2020 turun menjadi 40 meet & greet akibat dari Pandemi Covid-19, dan tahun 2021 kembali meningkat menjadi 70 meet & greet bersamaan dengan pulihnya industri event di Indonesia. Peningkatan penyelenggaraan meet & greet ini menggambarkan pasar yang dituju CV Kreasi Nusantara berpeluang mengalami perkembangan setiap tahunnya.
Selain itu, sumber daya manusia CV Kreasi Nusantara memiliki kompetensi dan keahlian dalam membuat sebuah event karena SDM yang berasal dari lulusan program studi event management, sehingga memiliki ilmu manajemen yang baik dari segi finansial, marketing, operasional, maupun risiko untuk terjun ke bisnis penyelenggaraan event.
Modal awal perusahaan sebesar Rp125.000.000,- dengan kepemilikan saham 40% dimiliki oleh Yollanda Olva Titania selaku Direktur Utama, 30% dimiliki oleh Rifani Novie Syachkinah selaku Direktur Pemasaran dan 30% lainnya dimiliki oleh Dandy Febrian selaku Direktur Keuangan.
Dari dua produk yang ditawarkan, di tahun pertama akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp20.769.569, tahun kedua sebesar Rp51.042.506, dan tahun ketiga sebesar Rp90.728.265. Setelah melakukan analisa dengan menggunakan Payback Period, modal awal akan terkumpul kembali dalam jangka waktu (2) dua tahun (10) sepuluh bulan (23) dua puluh tiga hari. Selain itu, dilakukan analisis dengan Net Present Value dan mendapatkan hasil Rp36.119.772 yang dapat dikatakan bahwa pendapatan setelah diperhitungkan dengan bunga telah melebihi dari investasi. Lalu, dalam perhitungan Internal Rate of Return, persentase yang diraih adalah 9,43% dengan suku bunga terendah 4% dan suku bunga tertinggi 11%. Melalui perhitungan Return On Investment, CV Kreasi Nusantara mampu mengembalikan persentase laba bersih sebesar 33% di tahun ke-3 berjalan. Selain itu dalam perhitungan Profitability Index usaha ini layak untuk direalisasikan karena memiliki nilai PI sebesar 1,2.
Berdasarkan analisa pasar, analisa pesaing, analisa keuangan serta analisa risiko usaha yang telah dilakukan maka perusahaan berharap mendapat sambutan baik dari pelanggan dan akan dapat bersaing dengan pesaing serta dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 307 Komunitas |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Rifani Novi |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 05:02 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 05:02 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10030 |