ANALISIS RASIO PERFORMA PANEL SURYA DAN DAYA YANG DIHASILKAN OLEH PLTS SENGKOL 7 MWP

Aditama, Yoga (2022) ANALISIS RASIO PERFORMA PANEL SURYA DAN DAYA YANG DIHASILKAN OLEH PLTS SENGKOL 7 MWP. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Dokumen Skripsi (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI Bab 2-4] Text (ISI Bab 2-4)
BAB 2 - BAB 4 Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah.pdf] Text
Manuskrip artikel ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (302kB)

Abstrak

PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya memanfaatkan cahaya matahari dan merubahnya menjadi energi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari baik industri maupun komersil. PT. Infrastruktur Terbarukan Cemerlang PLTS Sengkol 7mWp merupakan salah satu pembangkit surya yang digunakan untuk memasok daya beban pada perusahaan dan juga menyuplay listrik ke PLN setiap harinya. Sejak beroperasi tahun 2019, tentunya kinerja dari sistemnya seperti rasio performa panel surya mengalami penurunan dan tentunya disebabkan oleh beberapa faktor contohnya radiasi matahari dan temperatur panelnya. Untuk itu dilakukan penelitian dan perhitungan rasio performa supaya diketahui tingkat kinerja panel dalam persentase selama sebulan dan juga dilakukan penelitian terhadap pengaruh radiasi matahari dan temperatur panel terhadap daya keluaran dari panel surya. Perhitungan dilakukan dengan manual dan didapatkan hasil rasio performa pada bulan Mei 2022 sebesar 85%, terbesar berada pada nilai 88% dan terkecil 82%. Persentase rasio performa juga dipengaruhi oleh radiasi dan temperatur panel surya, semakin tinggi radiasi matahari yang ditangkap maka temperatur panel juga semakin meningkat dan menyebabkan kinerja dari panel surya dalam menangkap radiasi matahari dan mengkonversi menjadi energi listrik semakin berkurang.
Kata kunci: PLTS, panel surya, faktor keluaran daya, rasio performa

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Konversi Energi D3
User ID Pengunggah: D3 Yoga Aditama Pralambang
Date Deposited: 04 Jan 2023 05:10
Last Modified: 04 Jan 2023 05:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item
View Item