Rancangan Usaha Jasa Penyelenggaraan Product Launch Event oleh CV Triwana Andalan Jaya

Qatrunnada, Hashifa Inara and Fadhila, Alifia Syalsha and Syahira, Reyfa (2022) Rancangan Usaha Jasa Penyelenggaraan Product Launch Event oleh CV Triwana Andalan Jaya. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi Bab 3 sd Bab 6] Text (Isi Bab 3 sd Bab 6)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

CV Triwana Andalan Jaya berdiri pada bulan Agustus tahun 2022 yang
didirikan oleh tiga orang yaitu Hashifa Inara, Reyfa Syahira, Alifia Syalsha. Core
product (produk utama) yang dimiliki adalah product launch event dengan
supporting product (produk pendukung) berupa jasa brand activation event. Usaha
ini termasuk ke dalam kategori usaha dengan nomor KBLI 8230 (Jasa
Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konvensi, Pameran, dan Jasa
Penyelenggara Event Khusus). Lokasi kantor perusahaan berada di Beltway Office
Park, Tower B Lt. 5, Jl. Letjen TB Simatupang No. 41, Jakarta Selatan.
Segmentasi pasar CV Triwana Andalan Jaya adalah perusahaan di bidang
otomotif dan keuangan yang berada di Jakarta kelas menengah ke atas, dengan
omzet sebesar Rp 2.5 - Rp 50 miliar per tahun dan aset Rp 500 juta - 10 miliar,
mengetahui pentingnya penyelenggaraan product launch event serta memiliki rasa
ingin tahu yang tinggi untuk mengembangkan produknya.
Targeting yang dibidik yaitu perusahaan yang memiliki usaha di bidang
otomotif dan keuangan. Positioning perusahaan yaitu memiliki posisi produk yang
berorientasi terhadap sales atau penjualan klien dan menyediakan konsep fun
experience untuk menarik calon pengunjung.
2
Strategi pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran (marketing mix)
dengan variabel 7P diantaranya product, price, place, promotion, people, process,
dan physical evidence. Strategi promosi menggunakan teknik below the line yang
meliputi aktivitas direct marketing melalui email marketing, website, dan media
sosial, serta personal selling dengan menawarkan langsung kepada calon konsumen
secara dua arah, yaitu bertatap muka dan bersifat individual.
Proyeksi penjualan CV Triwana Andalan Jaya yaitu core product sebanyak
5 kali penyelenggaraan dan supporting product sebanyak 5 kali penyelenggaraan di
tahun pertama (2023), 7 core product dan 7 supporting product di tahun kedua
(2024), serta 9 core product dan 2 supporting product di tahun ketiga (2025).
Sumber pendapatan perusahaan berasal dari 2 (dua) sumber, 1 (satu) dari
core product (produk utama) dan 1 (satu) dari supporting product (produk
pendukung), yaitu biaya margin (keuntungan) dari Harga Produk Penjualan (HPP).
CV Triwana Andalan Jaya menetapkan keuntungan sebesar 15% dari setiap
transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan klien.
Modal awal CV Triwana Andalan Jaya berasal dari investasi yang diberikan
oleh tiga orang pendiri perusahaan yang berjumlah Rp100.000.000,- (seratus juta
rupiah). Selain menganalisa kondisi pasar, perusahaan juga melakukan analisa
kondisi keuangan selama 3 (tiga) tahun mendatang dengan cara melakukan analisis
kelayakan usaha menggunakan metode Payback Period (PP), Net Present Value
(NPV), Internal Rate of Return (IRR), Rate of Investment (ROI), dan Profitability
Index (PI).
Melalui perhitungan analisis Payback Period (PP), dapat diketahui bahwa
modal awal akan terkumpul kembali dalam jangka waktu 1 (satu) tahun 3 (tiga)
3
bulan 7 hari. Pada perhitungan Net Present Value (NPV), nilai yang diraih adalah
Rp141.819.945,- (serratus empat puluh satu juta delapan ratus sembilan belas
sembilan empat puluh lima rupiah). Selanjutnya, pada perhitungan analisis Internal
Rate of Return presentase yang diraih sebesar 12,00%. Melalui perhitungan Return
on Investment, presentase yang diraih oleh perusahaan selama 3 (tiga) tahun, yaitu
ditahun pertama mencapai 77%, tahun kedua 42%, dan tahun terakhir 82%. Analisis
terakhir yang digunakan adalah Profitability Index (PI) yang diraih oleh CV
Triwana Andalan Jaya sebesar 2,41819945. Berdasarkan seluruh analisis tersebut,
dapat disimpulkan bahwa dari sisi keuangan, perusahaan memenuhi persyaratan
dalam penilaian kelayakan usaha.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Hashifa Inara
Date Deposited: 07 Dec 2022 05:56
Last Modified: 07 Dec 2022 05:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9830

Actions (login required)

View Item
View Item