Arselawati, Melania (2022) Pengaruh Penggunaan Digital Marketing dan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah : (Studi Kasus Pelaku UMKM Kategori Kuliner di Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Artikel Jurnal.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 9 November 2024.
Download (1MB)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 9 November 2024.
Download (3MB)
Bab2-Bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 9 November 2024.
Download (2MB)
Abstrak
MELANIA ARSELAWATI. Pengaruh Penggunaan Digital Marketing dan LokasiUsaha Terhadap Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi KasusPelaku UMKM Kategori Kuliner di Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor). Jurusan Administrasi Niaga. Politeknik Negeri Jakarta. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara penggunaan Digital Marketing dan Lokasi Usaha terhadap Kesukesan Usaha pada UMKM kategori kuliner di Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pelaku UMKM dan Pemerintah untuk bersama-sama membangun kesukesan usaha pada UMKM di Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Pengujian penelitian ini menggunakan uji instrumen dengna uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2, uji T, dan uji F. Penelitian ini menggunakan terknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin yang didapatkan sampel sebanyak 80 responden. Data diolah menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penelitian memenuhi syarat distribusi normal, dimana nilai sig 0,200 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Model persamaan regresi Y = 48,920 + 0,190 X1 + 0,439 X2 + e menunjukkan penelitian layak untuk digunakan. Hasil korelasi secara parsial variabel digital marketing (X1) memberikan pengaruh terhadap kesuksesan usaha (Y) sebesar 5,57%, sedangkan variabel lokasi usaha (X2) memberikan pengaruh terhadap kesuksesan usaha (Y) sebesar 20,16%. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 21,7% kesuksesan usaha dipengaruhi oleh digital marketing dan lokasi usaha sedangkan sisanya 78,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini. Pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji signifikansi parsial t, diketahui bahwa digital marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap kesuksesan usaha dibuktikan dengan nilai thitung > t tabel (1,212< 1,994) dan nilai signifikansi > dari nilai probabilitas (0,229 > 0,05). Pada uji t juga diketahui bahwa lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan usaha dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,978 > 1,994) dan nilai signifikansi < dari nilai probabilitas (0,000 < 0,05). Pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji signifikansi simultan F, diketahui bahwa digital marketing dan lokasi usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesukesan usaha dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (10,651 > 3,11) dan nilai signifikansi < nilai probabilitas (0,00 < 0,05).
Kata Kunci : Digital Marketing, Lokasi Usaha, Kesuksesan Usaha
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | S.Tr. AB Melania Arselawati |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:06 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:06 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9817 |