Rancangan Usaha Platfrom Berbasis Website Penyedia Jasa Sumber Daya Master of Ceremony (MC) oleh CV Narawantah Kreatif

Elvari, Naila and Nugrarestita, Namira Dita Arifah and Hamidah, Nur Wanda (2022) Rancangan Usaha Platfrom Berbasis Website Penyedia Jasa Sumber Daya Master of Ceremony (MC) oleh CV Narawantah Kreatif. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup).pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 3 s.d Bab 6] Text (Isi Bab 3 s.d Bab 6)
Text (Isi Bab 3 s.d Bab 6).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (23MB)

Abstrak

Kebutuhan penyelenggara event akan hadirnya seorang MC/Pembawa Acara nyatanya sangat besar. Pada saat Covid-19 melanda seluruh dunia, MC/Pembawa Acara dari berbagai macam jenis acara online tetap dibutuhkan untuk membangun suasana tertentu sehingga audience dapat menikmati acara. CV Narawantah Kreatif melihat adanya peluang dalam bisnis penyedia sumber daya Master of Ceremony (MC) dan berencana meluncurkan platform penyedia jasa MC berbasis website bernama MCrophone. MCrophone dengan produk utamanya yakni MC booking menyediakan database MC dengan berbagai fitur yang akan mempermudah klien untuk menemukan MC sesuai dengan kebutuhannya. Untuk produk pendukung, CV Narawantah Kreatif memiliki 2 produk pendukung yakni Ads Placement berupa Banner Ads dan Pop Up Ads pada website MCrophone dan workshop seputar public speaking dan self-branding.
Target pasar yang dibidik oleh CV Narawantah Kreatif adalah Event Organizer, Wedding Organizer, PEO, PCO, Promotor, Organisasi, Corporate, Government, Perorangan (personal) di wilayah Jabodetabek yang membutuhkan sumber daya berupa MC untuk memandu event yang mereka selenggarakan. Berdasarkan riset terhadap 101 responden, seluruhnya menganggap pemilihan MC yang tepat untuk event yang diselenggarakannya merupakan hal yang penting, 94% di antaranya tertarik akan adanya platform MCrophone untuk membantu yang bersangkutan memilih MC yang tepat sesuai kebutuhannya.
Dalam perekrutan Sumber Daya Manusia, CV Narawantah Kreatif akan merekrut 1 orang staf IT pada tahun ke-2 dan 1 orang staf pemasaran pada tahun ke-3 MCrophone diluncurkan. Sumber pendapatan CV Narawantah Kreatif berasal dari 4 sumber yakni Commission fee dari MC Booking, Subscription Fee, Ads Placement, dan biaya keikutsertaan Workshop.
Modal awal CV Narawantah Kreatif sejumlah Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah). CV Narawantah Kreatif juga telah menganalisa kondisi keuangan perusahaan mulai tahun 2022 hingga 2025. Dari analisa Payback Period (PP), diketahui modal investasi akan kembali dalam 1 tahun 5 bulan 22 hari, kemudian Net Present Value (NPV) adalah sebesar Rp82.458.320. Dari perhitungan IRR diketahui bahwa usaha ini memiliki Internal Rate of Return (IRR) yang lebih besar yaitu 49,58% dibandingkan dengan tingkat diskonto minimal yaitu 8%. Melalui perhitungan Return on Investment (ROI) diketahui persentase yang diraih dalam 3 tahun yakni 53%, 27%, dan 36%. Selain itu menurut perhitungan Profitability Index (PI) usaha CV Narawantah Kreatif dikatakan layak karena memiliki PI sebesar 1,8.
Berdasarkan analisa pasar, analisa pesaing, analisa keuangan, serta analisa risiko usaha yang telah dilakukan oleh CV Narawantah Kreatif, dapat disimpulkan bahwa usaha yang kami susun layak untuk dijalankan dan dapat bersaing dengan pesaing dengan bidikan pasar yang sama.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Nur Wanda Hamidah
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:14
Last Modified: 09 Dec 2022 04:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9485

Actions (login required)

View Item
View Item