ANALISA PENGELOLAAN MEDIA INTERNAL WEBSITE SMILE PADA PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK. (SIG)

1805421007, Bulan Purnama Sari (2022) ANALISA PENGELOLAAN MEDIA INTERNAL WEBSITE SMILE PADA PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK. (SIG). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2, s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2, s.d Bab 4)
ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (927kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
MANUSKRIP.pdf

Download (221kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) merupakan perusahaan BUMN produsen semen terbesar di Indonesia. Dengan anak usaha yang tersebar di Indonesia, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) harus memberikan informasi mengenai kebijakan perusahaan. Dalam memberikan informasi tersebut, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) menggunakan media internal yang dapat mencakup seluruh karyawan internalnya. Unit of Internal Communication mengelola media internal untuk memberikan kebutuhan informasi karyawannya. Media internal yang digunakan adalah berbasis website yang merupakan media online dengan nama SMILE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan dan kendala media internal website SMILE. Pada proses pengelolaan media internal tersebut terdapat empat tahapan proses aktivitas public relations meliputi (1) Fact Finding, melakukan pencarian data informasi dengan peliputan dan wawancara (2) Planning, melakukan penulisan naskah, mengupload artikel ke rubrik SMILE, dan jadwal penayangan berita (3) Communication, menggunakan website berbasis online sebagai media internal (4) Evaluating, melakukan evaluasi terhadap website SMILE. Kendala yang terjadi pada tahap (1) Fact Finding, informasi yang bersifat sensitif dan narasumber yang tidak bersedia diwawancarai (2) Planning, terbatasnya SDM dan kebijakan manajemen dalam menerbitkan berita (3) Communication, bersaing dengan media online dan tidak terintegrasi ketika membuka website SMILE (4) Evaluating, melakukan survei evaluasi terhadap kurangnya minat baca karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara.

Kata Kunci: Media Internal, Media Online dan Proses Aktivitas Public Relations.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 652 Proses komunikasi tertulis
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Bulan Purnama Sari
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:31
Last Modified: 09 Nov 2022 08:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9352

Actions (login required)

View Item
View Item