1805413084, Anastasia Iswari Trikusuma and 1805413052, Olga Alvinda Syaron Ampugo and 1805413047, Petra Rossa Angelika Asa (2022) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA ACARA TOURNAMENT ESPORTS OLEH PT VIP TIGA SRIKANDI. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf
Download (75MB)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (5MB)
Abstrak
PT VIP Tiga Srikandi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa penyelenggaraan event, khususnya di bidang esports. Konsep produk utama yang akan diselenggarakan oleh PT VIP Tiga Srikandi berupa penyelenggaraan tournament esports, yang diberi nama Tournament CESL (College Esports Super League) dengan Seminar EAGC (Esports Academy Goes to Campus) dan Workshop Game Training sebagai pre-event. Rata-rata pasar yang ditargetkan secara spesifik merupakan mahasiswa di daerah Jabodetabek yang memiliki minat dibidang games esports atau gamers. PT VIP Tiga Srikandi didirikan pada pertengahan tahun 2022 dengan modal awal sebesar Rp 250.000.000 (Dua ratus lima puluh juta rupiah) yang berasal dari modal pribadi masing-masing pendiri perusahaan yang terdiri dari komisaris, direktur utama, manajer pemasaran, dan manajer keuangan. Dalam mendirikan perusahaan, PT VIP Tiga Srikandi telah mengikuti prosedur pendirian perusahaan PT (Perseroan Terbatas) demi kelancaran usaha dari aspek hukum yang berlaku.
Latar belakang memilih bisnis ini didasarkan pada fakta yang menunjukan saat sektor usaha lain lesu, industri game esports di Indonesia justru tumbuh positif di masa pandemi Covid-19. Kebijakan pembatasan aktivitas, mendorong masyarakat untuk mencari wahana hiburan dari rumah, salah satunya bermain game esports. Menurut data dari Niko Partners, sebuah perusahaan riset pasar dan konsultansi yang memiliki spesialisasi dalam industri game dan esports di Asia Tenggara dan Tiongkok, diungkapkan bahwa pendapatan dari industri gaming esports di Indonesia sendiri sudah mencapai 606 juta dolar Amerika pada 2018, dan diperkirakan akan mencapai 1.156 juta dolar Amerika pada tahun 2022. Proses perkembangan sektor game esports yang secara pasti meningkat grafiknya dari tahun ke tahun pada masa pandemi menunjukan peluang dan potensinya yang menjanjikan. Merespon antusiasme tersebut, PT VIP Tiga Srikandi yang memiliki Sumber Daya Manusia di bidang Event Management dan MICE ingin memberikan sebuah terobosan dalam dunia event khususnya MICE dengan menciptakan sebuah event tournament esports. Kami mengharapkan dapat mewadahi para penikmat game yang umumnya disebut gamer, serta menyusutkan perbedaan perspektif negatif mengenai dampak dari game dengan prestasi yang patut dibanggakan. Dengan demikian, akan lebih banyak atlet esports Indonesia yang dilahirkan untuk masa-masa yang akan datang dan lapangan pekerjaan dari industri esports juga semakin luas. Konsep turnamen ini juga memberikan kesempatan serta pengalaman dasar nantinya untuk target pasar mahasiswa kampus untuk meningkatkan minat bakat di bidang esports guna meregenerasi sebanyak mungkin pelaku industri esports dari kampus.
Hasil survei PT VIP Tiga Srikandi pada 90 orang yang memiliki perbedaan latar belakang menghasilkan data peminat esports terbanyak adalah masyarakat wilayah Jakarta dengan rentang usia 20 tahun hingga 24 tahun yang di dominasi oleh mahasiswa. 52,2% dari data tersebut juga menunjukkan pria masih menjadi peminat terbesar dunia esports. Tren perkembangan pasar dari perusahaan pesaing seperti event organizer dan beberapa perusahaan penyelenggara internal (in-house) yang bergerak di bidang penyelenggara turnamen esports ini menghasilkan rata-rata perkembangan pasar sebanyak 31%. Terhadap data tersebut, PT VIP Tiga Srikandi mempunyai target untuk mengambil pangsa pasar sebanyak 3% sehingga melalui analisa proyeksi penjualan diketahui bahwa perusahaan akan mengalami pertumbuhan jumlah event per tahunnya yaitu, Tahun 2023 sebanyak 2 penyelenggaraan, Tahun 2024 sebanyak 3 penyelenggaraan, dan Tahun 2025 sebanyak 4 penyelenggaraan.
Potensi keuntungan perusahaan dari hasil analisa studi kelayakan bisnis pada aspek keuangan, didapati data dan informasi bahwa modal awal akan kembali seutuhnya dalam jangka waktu 1 tahun 10 bulan 29 hari menurut perhitungan Payback Period (PP). Lalu, Net Present Value (NPV) perusahaan ini juga bernilai positif karena > 0, yaitu sebesar Rp398,380,933.45 dengan Profitability Index (PI) sebesar 2.59. Kemudian tingkat efisiensi modalnya, menurut hasil perhitungan average Internal Rate of Return (IRR), sebesar 71.87% serta perhitungan Return On Invesment (ROI) sehingga menunjukan PT VIP Tiga Srikandi ini layak untuk dijalankan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Olga Alvinda Syaron Ampugo |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:54 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:54 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9327 |