Analisis Sensory Marketing Berupa Aroma dan Cita Rasa Terhadap Pembentukan Persepsi Konsumen di Gerai Roti O di Stasiun KRL Commuter Line di Jakarta Selatan

Rahmadhanimara, Rania (2022) Analisis Sensory Marketing Berupa Aroma dan Cita Rasa Terhadap Pembentukan Persepsi Konsumen di Gerai Roti O di Stasiun KRL Commuter Line di Jakarta Selatan. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
identitas_skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2-4] Text (Isi Bab 2-4)
bab 2-4_skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)
[thumbnail of Rania R - Artikel.pdf] Text
Rania R - Artikel.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (738kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aroma dan cita rasa terhadap pembentukan persepsi konsumen di gerai Roti O di Stasiun KRL commuter line di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebesar serratus responden. Penghitungan sampel menggunakan rumus slovin. Penelitian ini memenuhi syarat asumsi klasik yaitu data berdistribusi normal 0,200 > 0,050. Model persamaan regresi Y = 1.835 + 1.938X1 – 0,621X2 + e menunjukkan penelitian layak untuk digunakan. Berdasarkan analisis pengaruh secara parsial, variabel aroma berkontribusi dalam memberikan pengaruh pada pembentukan persepsi konsumen sebesar 4,20%, sementara variabel cita rasa berkontribusi dalam memberikan pengaruh pada pembentukan persepsi konsumen sebesar 4,00%. Variabel aroma dan cita rasa secara simultan memberikan pengaruh pada pembentukan persepsi konsumen sebesar 8,4%. 91,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa aroma memiliki pengaruh terhadap pembentukan persepsi konsumen, sementara cita rasa tidak memiliki pengaruh terhadap pembentukan persepsi konsumen. Penelitian ini menunjukkan bahwa aroma dapat digunakan sebagai strategi pemasaran melalui rangsangan indera penciuman.

Kata Kunci: Sensory Marketing, Aroma, Cita Rasa, Pembentukan Persepsi Konsumen

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Rania Rahmadhanimara
Date Deposited: 06 Nov 2022 13:46
Last Modified: 06 Nov 2022 13:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9188

Actions (login required)

View Item
View Item