Rahmadhanimara, Rania (2022) Analisis Sensory Marketing Berupa Aroma dan Cita Rasa Terhadap Pembentukan Persepsi Konsumen di Gerai Roti O di Stasiun KRL Commuter Line di Jakarta Selatan. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
identitas_skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (1MB)
bab 2-4_skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (1MB)
Rania R - Artikel.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (738kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aroma dan cita rasa terhadap pembentukan persepsi konsumen di gerai Roti O di Stasiun KRL commuter line di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebesar serratus responden. Penghitungan sampel menggunakan rumus slovin. Penelitian ini memenuhi syarat asumsi klasik yaitu data berdistribusi normal 0,200 > 0,050. Model persamaan regresi Y = 1.835 + 1.938X1 – 0,621X2 + e menunjukkan penelitian layak untuk digunakan. Berdasarkan analisis pengaruh secara parsial, variabel aroma berkontribusi dalam memberikan pengaruh pada pembentukan persepsi konsumen sebesar 4,20%, sementara variabel cita rasa berkontribusi dalam memberikan pengaruh pada pembentukan persepsi konsumen sebesar 4,00%. Variabel aroma dan cita rasa secara simultan memberikan pengaruh pada pembentukan persepsi konsumen sebesar 8,4%. 91,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa aroma memiliki pengaruh terhadap pembentukan persepsi konsumen, sementara cita rasa tidak memiliki pengaruh terhadap pembentukan persepsi konsumen. Penelitian ini menunjukkan bahwa aroma dapat digunakan sebagai strategi pemasaran melalui rangsangan indera penciuman.
Kata Kunci: Sensory Marketing, Aroma, Cita Rasa, Pembentukan Persepsi Konsumen
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Rania Rahmadhanimara |
Date Deposited: | 06 Nov 2022 13:46 |
Last Modified: | 06 Nov 2022 13:46 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9188 |