1805421032, Dina Fikri Hayati (2022) ANALISIS PENERAPAN COMPLIANCE RISK MANAGEMENT (CRM) DENGAN APLIKASI APPROWEB DALAM MENINGKATKAN FUNGSI PENGAWASAN PENERIMAAN PAJAK BADAN DI KPP PRATAMA JAKARTA CAKUNG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas Skripsi_Dina Fikri Hayati_ABT8B_1805421032_2022.pdf
Download (1MB)
Isi Skripsi_Dina Fikri Hayati_ABT8B_1805421032_2022.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (740kB)
Manuskrip_Dina Fikri Hayati_ABT8b_1805421032_2022.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (276kB)
Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis mekanisme dan hasil yang dirasakan oleh setiap pemangku kepentingan didalamnya dalam hal ini petugas pajak sebagai pihak yang melakukan pengawasan, serta adanya hasil pencapaian penerimaan Pajak Badan dengan target yang ingin dicapai. Pajak merupakan sumber pendapatan utama yang didapat negara, maka dari itu banyak upaya dalam meningkatkan penerimaan pajak pada setiap wilayah KPP terkait, salah satunya dengan disempurnakannya alat bantu bernama Compliance Risk Management dengan Surat Edaran Dirjen Pajak Nomor SE-39/PJ/2021. Dalam meningkatkan penerimaan pajak disetiap wilayah KPP maka perlu fungsi pengawasan untuk mengetahui lebih dalam Wajib Pajak yang perlu diteliti. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah gambaran Peta Risiko Kepatuhan yang menampilkan keseluruhan WP Badan dengan mengkategorikannya kedalam beberapa tingkat risikonya. Hal ini diharapkan dapat memberikan keadilan dan pemerataan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh petugas pajak terhadap seluruh Wajib Pajaknya. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 (tiga metode yaitu wawancara mendalam semi struktur, observasi nonpartisipatif, dan dokumentasi. Intrepretasi data dilakukan secara bertahap mulai dari mengumpulkan data, mereduksi data, hingga kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan CRM dilingkungan KPP Pratama Jakarta Cakung memberikan dampak kemudahan terutama dalam melaksanakan fungsi pengawasan secara maksimal bagi petugas pajak. namun di sisi lain, penerimaan pajak sejak tahun 2020 hingga 2021 masih jauh mencapai target penerimaan yang diharapkan. Hal ini menunjukan perlunya pengkajian ulang mengenai permasalahan yang terus dihadapi KPP Pratama Jakarta Cakung, dan meningkatkan fungsi CRM lainnya untuk dapat berjalan secara seimbang dan menghasilkan hasil yang lebih baik.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Dina Fikri Hayati |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 16:42 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 16:42 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9143 |