STRATEGI PENINGKATAN EKSPOR PRODUK MAKANAN HALAL PADA UKM DI KOTA BOGOR

Karim, Luthfiah (2022) STRATEGI PENINGKATAN EKSPOR PRODUK MAKANAN HALAL PADA UKM DI KOTA BOGOR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi_Luthfiah Karim_1804411046] Text (Halaman Identitas Skripsi_Luthfiah Karim_1804411046)
Halaman Identitas Skripsi_Luthfiah Karim_1804411046.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Skripsi_Luthfiah Karim_1804411046] Text (Isi Skripsi_Luthfiah Karim_1804411046)
Isi Skripsi_Luthfiah Karim_1804411046.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (682kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_Luthfiah Karim_1804411046] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_Luthfiah Karim_1804411046)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_Luthfiah Karim_1804411046.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (14kB)

Abstrak

Dalam rangka mendorong tingkat ekspor produk halal di Indonesia, pemerintah berfokus pada penguatan koordinasi Kementerian/Lembaga beserta pelaku UKM Ekspor dan pemangku kepentingan terkait lainnya. Kota Bogor memiliki potensi ekspor UKM produk makanan halal serta keunggulan akan produk yang bernilai budaya dan cukup banyak, namun saat ini pelaku ekspor UKM masih sangat sedikit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana strategi peningkatan ekspor produk halal pada UKM di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan mengetahui faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari UKM produk makanan halal di Kota Bogor. Responden penelitian melibatkan pihak Dinas Koperasi UMKM dan Industri Perdagangan Kota Bogor, LPPOM MUI, dan pelaku UKM eskpor produk makanan halal di Kota Bogor. Hasil analisis penelitian menunjukan pemerintah Kota Bogor dapat menjaga dan mempertahankan stabilitas kegiatan yang saat ini ada untuk melakukan pembinaan dan bimbingan untuk membuka orientasi ekspor produk makanan halal pada UKM agar menghadirkan pelaku UKM ekspor lainnya. Selain itu pihak UKM dapat terus memanfaatkan fasilitas pemerintah yang ada untuk mengembangkan produk agar dapat bersaing masuk ke dalam pasar global.

Kata-Kata Kunci : Strategi, Peningkatan Ekspor, Produk Makanan Halal, Analisis SWOT

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Luthfiah Karim
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:42
Last Modified: 05 Sep 2022 04:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8721

Actions (login required)

View Item
View Item