ANALISIS PENGARUH HALAL AWARENESS, RELIGIUSITAS, GAYA HIDUP, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DAN KOSMETIK HALAL (STUDI PADA GENERASI Z DI DKI JAKARTA)

1804411017, Rifa Amalia (2022) ANALISIS PENGARUH HALAL AWARENESS, RELIGIUSITAS, GAYA HIDUP, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DAN KOSMETIK HALAL (STUDI PADA GENERASI Z DI DKI JAKARTA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi_Rifa Amalia_1804411017.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4] Text (Bab 2 s.d Bab 4)
Isi Skripsi_Rifa Amalia_1804411017.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel Jurnal Account_Rifa Amalia_1804411017.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (373kB)

Abstrak

Permintaan produk halal di dunia kini sangat meningkat karena jumlah populasi Muslim yang terus meningkat pula. Kesadaran akan halal pada sektor makanan sangat tinggi di kalangan konsumen dan pemerintah. Namun sebaliknya, permintaan kosmetik dan produk kecantikan halal tidak begitu kuat dibandingkan sektor makanan halal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh halal awareness, religiusitas, gaya hidup, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian produk skincare dan kosmetik halal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Muslim Generasi Z di DKI Jakarta yang pernah membeli dan menggunakan skincare dan kosmetik merek apapun. Metode analisa yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan software LISREL 8.8. Jumlah sampel diambil sebanyak 235 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa halal awareness, gaya hidup, dan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare dan kosmetik halal, sedangkan religiusitas tidak berpengaruh. Kebaruan penelitian ini adalah menganalisis variabel gaya hidup sebagai variabel independen yang masih jarang ditemukan untuk penelitian di sektor industri kosmetik dan perawatan kulit, dan subjeknya adalah Generasi Z yang belum banyak ditemukan pada penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi stakeholders atau produsen industri skincare dan kosmetik halal dalam menyusun strategi pemasaran untuk mencapai keputusan pembelian konsumen khususnya Generasi Z.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Rifa Amalia
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:18
Last Modified: 05 Sep 2022 04:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8505

Actions (login required)

View Item
View Item