ANALISIS PEMILIHAN METODE PELAKSANAAN ERECTION BOX GIRDER DENGAN MENERAPKAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)

4117110016, Muhammad Ryan Maulana (2021) ANALISIS PEMILIHAN METODE PELAKSANAAN ERECTION BOX GIRDER DENGAN MENERAPKAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi)
Isi_Muhammad Ryan Maulana.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Muhammad Ryan Maulana.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Muhammad Ryan Maulana.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Dalam menentukan pengambilan keputusan dalam pemilihan metode pelaksanaan erection box girder harus mempertimbangkan banyak hal agar mendapatkan keputusan yang tepat untuk diambil. Oleh karena itu perlu adanya suatu pendukung keputusan, salah satunya yaitu metode proses analisis jaringan Analytic Network Process (ANP). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode erection box girder yang tepat. Pengumpulan data dan analisis dilakukan pada pelaksanaan Proyek 6 (Enam) Ruas Tol Dalam Kota Tahap 1 – Seksi A serta melibatkan para ahli yang terlibat di dalamnya dengan pengisian kuesioner. Analisis ANP dilakukan berdasarkan pembobotan kriteria, subkriteria dan alternatif kemudian dilakukan perhitungan hingga limiting supermatrix dibantu dengan software Microsoft Excel. Hasil analisis didapatkan kriteria yang paling berpengaruh yaitu kriteria kualitas pekerjaan dengan nilai prioritas sebesar 0,340, kemudian biaya pelaksanaan (0,190), waktu pelaksanaan (0,189), proses pelaksanaan (0,114), risiko pekerjaan (0,097) dan lingkungan (0,068). Subkriteria yang paling berpengaruh adalah pengendalian mutu proyek dengan nilai prioritas sebesar 0,191. Untuk alternatif dengan nilai prioritas tertinggi adalah metode Ground Support Shoring Tipe RS sebesar 0,337, dilanjutkan dengan launching gantry tipe span by span sebesar 0,298, kemudian Ground Support Shoring Tipe Megashor sebesar 0,209 dan yang terakhir Launching Gantry Tipe Balanced Cantilever sebesar 0,156.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Muhammad Ryan Maulana
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:27
Last Modified: 02 Sep 2021 04:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item
View Item