PENGARUH PROFITABILITAS DAN BEBAN IKLAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2017–2021

1804431050, Nabila Shafa (2022) PENGARUH PROFITABILITAS DAN BEBAN IKLAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2017–2021. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembuka (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembuka (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi_Nabila Shafa.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of ISI (Bab 2 - Bab 4)] Text (ISI (Bab 2 - Bab 4))
ISI (Bab 2 s.d Bab 4)_ Nabila Shafa.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal) - Nabila Shafa.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (381kB)

Abstrak

Tax Ratio Indonesia masih berada di bawah batas ideal sesuai dengan standar internasional yaitu 15%. Rendahnya rasio menggambarkan pungutan pajak yang belum dilakukan secara optimal dan perusahaan belum maksimal dalam melakukan pembayaran pajak serta adanya upaya perusahaan untuk mengurangi pembebanan pajaknya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan Beban Iklan terhadap tindak Agresivitas Pajak. Profitabilitas diukur menggunakan rasio Return On Aset (ROA), Beban Iklan menggunakan rasio intensitas beban iklan. Objek penelitian yang digunakan yaitu Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama priode 2017 – 2021. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu sehingga menghasilkan sampel sebanyak 6 (enam) perusahaan dengan jumlah pengamatan sebanyak 30. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dan melakukan analisis linear berganda yang dibantu menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciens (SPSS) V.25.0. Hasil penelitian menunjukan profitabilitas berpengaruh terhadap tindak agresivitas pajak, sedangkan beban iklan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hasil penelitian juga membuktikan profitabilitas dan beban iklan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap agresivitas pajak.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Nabila Shafa
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:57
Last Modified: 02 Sep 2022 06:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item
View Item