EVALUASI STRUKTUR EKSISTING PASCA PERKUATAN LANTAI JEMBATAN PADA JEMBATAN TYPE PILE SLAB DI RUAS JALAN TOL JORR W1 KEBON JERUK JAKARTA SELATAN

1801413006, Fianda Harsa (2022) EVALUASI STRUKTUR EKSISTING PASCA PERKUATAN LANTAI JEMBATAN PADA JEMBATAN TYPE PILE SLAB DI RUAS JALAN TOL JORR W1 KEBON JERUK JAKARTA SELATAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, BAB I dan BAB V)] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, BAB I dan BAB V))
Halaman Identitas, BAB I dan BAB V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Skripsi (BAB II, BAB III, BAB IV, dan Lampiran)] Text (Isi Skripsi (BAB II, BAB III, BAB IV, dan Lampiran))
BAB II - BAB IV + LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (16MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
ARTIKEL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (653kB)

Abstrak

Jembatan tipe pile slab pada jalan tol JORR W1 Kebon Jeruk mengalami kerusakan berupa retak melintang pada lantai jembatan saat dilakukan pemeriksaan. Untuk mengatasi perihal tersebut dilakukan pelaksanaan perbaikan dengan pemasangan perkuatan menggunakan Fiber Reinforced Polymer atau FRP. Namun, pada saat pelaksanaan pemasangan perkuatan FRP, beban lalu lintas kendaraan di atas struktur tetap berjalan karena aktivitas operasional jalan tol yang tidak dapat dihentikan sehingga dikhawatirkan jika pemasangan FRP tidak banyak memberikan perkuatan tambahan pada struktur. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kapasitas struktur lantai jembatan sehingga diketahui perkuatan memberikan tambahan kapasitas struktur atau tidak. Analisis dilakukan dengan tiga tahapan yaitu sebelum perkuatan dengan evaluasi kondisi aktual struktur, rencana perkuatan FRP untuk memberikan hasil besaranya nilai penambahan perkuatan struktur, dan analisis kapasitas lantai jembatan kondisi aktual sebelum dan sesudah perkuatan dari hasil uji lendutan di lapangan. Hasil analisis didapatkan bahwa terjadi kegagalan momen akibat beban aktual yang melintas di atas struktur sehingga dibutuhkan perkuatan dengan hasil peningkatan kapasitas untuk daerah tumpuan sebesar +37,38% dan daerah lapangan sebesar +37,45%, dan kekakuan dari hasil uji lendutan sebesar +58,62%. Berdasarkan hasil tersebut, pelaksanaan pemasangan FRP tetap memberikan penambahan perkuatan walaupun pada saat pelaksanaan pemasangan perkuatan, kondisi beban lalu lintas tetap berjalan di atas struktur.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Fianda Harsa
Date Deposited: 23 Aug 2022 11:15
Last Modified: 23 Aug 2022 11:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6913

Actions (login required)

View Item
View Item