ANALISIS PERUBAHAN TINGKAT DAN BESARAN BIAYA KECELAKAAN TERHADAP IMPLEMENTASI SELF ENFORCEMENT ROAD

1801413020, Muna Azizah (2022) ANALISIS PERUBAHAN TINGKAT DAN BESARAN BIAYA KECELAKAAN TERHADAP IMPLEMENTASI SELF ENFORCEMENT ROAD. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi (Bab I & V)_Muna Azizah.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4 + Lampiran] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4 + Lampiran)
Isi Skripsi (Bab II - IV)_Muna Azizah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (23MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Jurnal Artikel_Muna Azizah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (3MB)

Abstrak

Kendaraan beban berlebih dan kecepatan berlebih berdampak negatif bagi keselamatan dan keamanan dalam berkendara di jalan tol serta berpotensi memperbesar tingkat kecelakaan dan tingkat fatalitas. Salah satu cara mereduksi kecelakaan adalah menerapkan konsep Self
Enforcement Road pada jalan tol dengan pemasangan Weigh in Motion dan Speed Camera yang diikuti dengan tindakan penegakan hukum berbasis elektronik. Tujuan penelitian ini menganalisis perubahan tingkat kecelakaan sebelum dan sesudah dipasangnya Weigh in Motion dan Speed Camera, menganalisis perubahan jumlah pelanggaran kecepatan berlebih dan beban berlebih sebelum dan sesudah diterapkannya tilang elektronik, menganalisis pengaruh kendaraan beban berlebih dan kecepatan berlebih terhadap tingkat kecelakaan, menganalisis perubahan besaran biaya akibat kecelakaan dan kerusakaan fasilitas. Data dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan tingkat kecelakaan sebesar 2,21% pada tahun pertama diterapkan konsep Self Enforcement Road dan penurunan sebesar 15,6% pada tahun kedua, penurunan jumlah pelanggar kendaraan beban berlebih sebesar 6,48%, dan penurunan jumlah kendaraan kecepatan berlebih sebesar 19,7%. Kendaraan beban berlebih berpengaruh sebesar 33,5%, kendaraan kecepatan berlebih berpengaruh sebesar 32,1% terhadap tingkat kecelakaan, dan 34,4 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Besaran biaya kecelakaan setiap tahun terus mengalami kenaikan sesuai suku bunga terhadap rupiah yang disebabkan oleh faktor inflasi meskipun jumlah kecelakaan mengalami penurunan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Muna Azizah
Date Deposited: 22 Aug 2022 11:52
Last Modified: 22 Aug 2022 11:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6545

Actions (login required)

View Item
View Item