ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN SOIL NAILING (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SERPONG-BALARAJA SEKSI 1A STA. 0+750)

Ridwan, Muhamad (2022) ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN SOIL NAILING (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SERPONG-BALARAJA SEKSI 1A STA. 0+750). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Identitas Skripsi (BAB I & V)_Muhamad Ridwan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4 + Lampiran] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4 + Lampiran)
Isi Skripsi (BAB II - IV)_Muhamad Ridwan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (11MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel Jurnal_Muhamad Ridwan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (969kB)

Abstrak

Pada Proyek Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A terdapat banyak pekerjaan galian dan timbunan guna mendapatkan desain atau bentuk badan jalan yang sesuai dengan elevasi yang direncanakan khususnya di STA 0+575 s/d 0+850 terdapat lereng akibat galian tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Keamanan lereng galian sebelum dan sesudah diberi perkuatan Soil Nailing, serta menganalisis hubungan variasi nail (panjang nail dan sudut pemasangan nail) terhadap besarnya nilai Faktor Keamanan lereng. Penelitian ini dianalisis menggunakan program Slope/W dan dibandingkan dengan perhitungan manual menggunakan metode Bishop pada lereng tanpa perkuatan dan metode Baji (wedge) pada lereng dengan perkuatan Soil Nailing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lereng sebelum diberi perkuatan diperoleh Faktor Keamanan menggunakan program Slope/W sebesar 1.134 > 1.1 (Aman), dan perhitungan manual dengan metode Sederhana Bishop diperoleh sebesar 1.177 > 1.1 (Aman). Faktor Keamanan lereng terhadap keruntuhan global setelah diberi perkuatan Soil Nailing menggunakan program Slope/W diperoleh sebesar 1.615 > 1.1 (Aman), dan perhitungan manual dengan metode Baji (Wedge) diperoleh sebesar 1.790 > 1.1 (Aman). Faktor Keamanan Lereng terhadap penggeseran diperoleh sebesar 1,870 > 1,1 (Aman), Faktor Keamanan Lereng terhadap kegagalan daya dukung tanah diperoleh sebesar 2,89 > 2,5 (Aman). Faktor Keamanan lereng terhadap putus tulangan pada nail1, nail2, nail3 berturut-turut diperoleh sebesar 5.05, 3.45, dan 1.91 > 1,8 (Aman), dan Faktor Keamanan lereng terhadap cabut tulangan pada nail1, nail2, nail3 berturut-turut diperoleh sebesar 2.55, 2.51, dan 2.04 > 2,0 (Aman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka Faktor Keamanan lereng semakin meningkat seiring dengan bertambah nya panjang nail dan sudut pemasangan nail.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Muhamad Ridwan
Date Deposited: 22 Aug 2022 09:07
Last Modified: 22 Aug 2022 09:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item
View Item