DESAIN PONDASI TIANG PANCANG PADA ABUTMENT PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG DI WADUK LEBAK BULUS

Kevin Sinaga, Juan (2022) DESAIN PONDASI TIANG PANCANG PADA ABUTMENT PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG DI WADUK LEBAK BULUS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman identitas Skripsi...pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 & 4] Text (BAB 2 & 4)
BAB 2 & 4 , Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of SNTS_PNJ_2022_paper_3692.pdf] Text
SNTS_PNJ_2022_paper_3692.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (2MB)

Abstrak

Pembangunan infrastruktur jembatan penyebrangan merupakan salah satu program prioritas berkesinambungan pemerintah DKI Jakarta. Selain sebagai fasilitas publik yang aman bagi pejalan kaki, jembatan penyebrangan orang di waduk lebak bulus dibangun untuk memberikan nilai estetika yang baik yaitu dapat menikmati keindahan waduk lebak bulus dari sisi kiri dan kanan. Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang di Waduk Lebak Bulus dibedakan menjadi dua bagian utama, yaitu struktur atas dan struktur bawah. Struktur bagian bawah yaitu pondasi yang berfungsi untuk mendukung dan memikul beban yang terdapat dari struktur bagian atas. Pondasi yang digunakan pada Jembatan ini adalah pondasi tiang pancang. Berdasarkan hasil analisis daya dukung pada proyek pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang di Waduk Lebak Bulus STA 0+012 yang direncanakan oleh penulis dengan konfigurasi 2 tiang dimensi 40 x 40 cm dengan spasi antar tiang 2,5 D dengan kedalaman yang ditinjau pada kedalaman 6 m didapatkan Daya Dukung Aksial yang dihitung menggunakan metode Schmertmann – Nottingham untuk tiang tunggal didapatkan hasil sebesar 106,67 ton dan untuk tiang grup didapatkan hasil sebesar 335,32 ton. Sedangkan Daya Dukung Lateral yang dihitung menggunakan metode Broms untuk tiang tunggal didapatkan hasil sebesar 30,97 ton dan untuk tiang grup didapatkan hasil sebesar 42,11 ton. Penurunan yang terjadi untuk tiang tunggal didapatkan hasil sebesar 32,216 mm dan untuk tiang grup didapatkan hasil sebesar 1,14 mm. Berdasarkan hasil analisis stabilitas tiang pancang dinyatakan aman atau stabil terhadap beban-beban yang bekerja.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Mr Juan Kevin Sinaga
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:17
Last Modified: 15 Aug 2022 03:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item
View Item