PERBANDINGAN OPRIT MENGGUNAKAN PILE SLAB DAN DINDING KANTILEVER PADA FLYOVER DELTAMAS

1801411020, Amalia Putri Suryanti (2022) PERBANDINGAN OPRIT MENGGUNAKAN PILE SLAB DAN DINDING KANTILEVER PADA FLYOVER DELTAMAS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
REVISI_JUDUL, PENDAHULUAN, PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2-Bab 4 + Lampiran] Text (Bab 2-Bab 4 + Lampiran)
REVISI_ISI REPOSITORY AMALIA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (21MB)
[thumbnail of Paper/ Artikel Ilmiah] Text (Paper/ Artikel Ilmiah)
REVISI_GEOTEKNIK_PAPER_AMALIA PS_4PJJ.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (795kB)

Abstrak

Dalam perencanaan pembangunan flyover Deltamas di Kota Bekasi terdapat 3 pilihan alternatif desain
dalam pembangunan Oprit Jembatannya berupa Dinding Kantilever, Slab On Spun Pile, dan Slab On
Bored Pile. Dengan adanya perbedaan dalam pilihan desain tersebut maka harus dilakukan analisis
secara seksama mengenai pergerakan struktur untuk nantinya dipilih menjadi rekomendasi desain pada
struktur oprit flyover Deltamas. Untuk Dinding Kantilever di analisis secara manual dan di desain aman
terhadap Stabilitas Guling, Stabilitas Geser, serta kapasitas daya dukung dengan metode Mayerhoff.
Sementara untuk desain Slab On Spun Pile maupun Bored Pile dianalisis menggunakan metode Finite
Elemen dan dianalisa kapasitas daya dukung aksialnya dengan metode Mayerhoff, sementara arah
Lateralnya menggunakan metode p-y Curve. Didapati rasio stabilitas guling Dinding Kantilever adalah
3,074 dan 3,13 (>2), rasio stabilitas geser DPT 9,3 dan 11 (>1,5), serta kapasitas daya dukungnya
dikatakan aman pada kedalaman 14m. Untuk Slab On Spun Pile memiliki kapasitas daya dukung yang
cukup pada kedalaman 24m dengan 8 tiang berdiameter 0,6m per barisnya, namun dibutuhkan tulangan
isian. Sementara untuk Slab On Bored Pile memiliki kapasitas daya dukung yang cukup pada
kedalaman 28m dengan 5 tiang berdiameter 0,8m per barisnya. Penulis merekomendasikan alternatif
desain Pile Slab dengan alasan kestabilan struktur dan beberapa aspek lainnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Amalia Putri Suryanti
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:09
Last Modified: 09 Aug 2022 07:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item
View Item