EVALUASI KAPASITAS PILAR PADA JEMBATAN INTEGRAL TERHADAP PENGARUH BEBAN LALU LINTAS DAN BEBAN GEMPA VERTIKAL

Pasaribu, Astrid Tiara Nauli (2022) EVALUASI KAPASITAS PILAR PADA JEMBATAN INTEGRAL TERHADAP PENGARUH BEBAN LALU LINTAS DAN BEBAN GEMPA VERTIKAL. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I, BAB V] Text (BAB I, BAB V)
BAB I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II, BAB III, BAB IV, Lampiran] Text (BAB II, BAB III, BAB IV, Lampiran)
BAB II - BAB IV + LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (765kB)

Abstrak

Box The Green adalah sebuah struktur jembatan integral berupa underpass dengan 3 cell box culvert pada proyek pembangunan Jalan Tol Serpong – Balaraja Seksi 1A yang mempunyai dimensi pilar berupa dinding tengah berukuran lebih tipis dibandingkan dengan dimensi pelat atasnya. Pada tahun 1995 di kota Kobe, Jepang, terjadi bencana gempa bumi besar “The Great Hanshin Earthquake” yang menyebabkan keruntuhan pada Stasiun Daikai karena adanya kegagalan pada kolom tengah yang memiliki dimensi lebih tipis dibandingkan dengan dimensi pelat atasnya dan diakibatkan juga oleh adanya pengaruh gaya gempa vertikal. Hal tersebut dikhawatirkan akan terjadi pada struktur jembatan integral Box The Green ketika terkena pengaruh beban lalu lintas dan beban gempa vertikal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kapasitas pilar dan menjustifikasi perkuatan yang tepat apabila struktur Box The Green tidak kuat. Evaluasi dilakukan dengan melakukan analisis kapasitas tulangan yang terpasang pada dinding tengah kiri dan kanan menggunakan software SAP2000 dan secara manual. Melalui analisis kapasitas tulangan diperoleh jarak tulangan longitudinal 150 mm berdasarkan software dan 160 mm berdasarkan analisis manual. Hasil analisis menunjukkan bahwa kapasitas pilar dengan tebal 1,025 m untuk dinding tengah kiri dan 1,020 m untuk dinding tengah kanan masih kuat dan kapasitas tulangan longitudinal D32–150 yang terpasang masih memadai dalam menerima beban lalu lintas dan beban gempa vertikal. Oleh karena itu, pilar tidak memerlukan perkuatan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Astrid Tiara Nauli Pasaribu
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:14
Last Modified: 10 Aug 2022 03:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item
View Item