ANALISIS DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN PONDASI TIANG BOR PADA STRUKTUR ABUTMEN JEMBATAN BERDASARKAN HASIL UJI SPT

1801411027, Muchsin Farid Habibie (2022) ANALISIS DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN PONDASI TIANG BOR PADA STRUKTUR ABUTMEN JEMBATAN BERDASARKAN HASIL UJI SPT. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1 dan BAB 5 serta Daftar Pustaka] Text (BAB 1 dan BAB 5 serta Daftar Pustaka)
BAB 1 dan BAB 5_Skripsi_Muchsin Farid Habibie_4TPJJ.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4 + Lampiran] Text (BAB 2 - BAB 4 + Lampiran)
BAB 2 - BAB 4 + Lampiran_Skripsi_Muchsin Farid Habibie_4TPJJ.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL_Muchsin Farid Habibie_4TPJJ.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (551kB)

Abstrak

Proyek Pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan panjang total 83,677 km. Salah satu bagian pekerjaan pada ruas tol adalah main bridge 18, dimana struktur bawah main bridge 18 ini menggunakan pondasi tiang bor. Pondasi tiang bor adalah pondasi tiang yang pemasangannya dilakukan dengan mengebor tanah terlebih dahulu, kemudian diisi tulangan yang telah dirangkai dan dicor beton. Pondasi dirancang untuk menahan gaya vertikal dan horizontal, serta memiliki penurunan yang kurang dari penurunan yang diizinkan. Tujuan skripsi ini untuk menghitung daya dukung pondasi tiang bor menggunakan 2 metode yaitu metode Meyerhof dan metode Reese and Wright. Hasil perhitungan daya dukung didapati daya dukung lebih besar pada metode Meyerhof. Untuk daya dukung aksial adalah 538,05 ton untuk metode Meyerhof dan 246,20untuk metode Reese and Wright. Sedangkan untuk daya dukung lateral menggunakan metode broms sebesar 282,87 untuk tiang bor tunggal dan 6126,05 untuk tiang bor grup. Selanjutnya untuk penurunan sebesar 9,20 mm untuk tiang bor tunggal dan 25,34 mm untuk tiang bor grup berdasarkan metode Meyerhof dan pada metode Reese and wright didapatkan hasil sebesar 9,50 untuk tiang bor tunggal dan 25,70 mm untuk tiang bor grup.
Kata kunci : Pondasi, Tiang Bor, Daya Dukung, Penurunan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: farid habibie
Date Deposited: 05 Aug 2022 05:36
Last Modified: 05 Aug 2022 05:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item
View Item