Perancangan Desain Kemasan Dimsum UKM Warung Jajanan

1806421031, Dwi Indah Rachmadani (2022) Perancangan Desain Kemasan Dimsum UKM Warung Jajanan. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Repository_Laporan TA_Dwi Indah Rachmadani_DG8B_Identitas.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Repository_Laporan TA_Dwi Indah Rachmadani_DG8B_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Warung Jajanan merupakan UKM yang berdiri sejak Awal Pandemi Covid-19 pada tahun 2020. UKM Warung Jajanan ini terletak di jalan Pancoran Barat IV. Oleh karena itu, pelanggan warung jajanan seringkali menyebut dengan nama “Warung Jajanan Pancoran”. Warung jajanan menjual produk dimsum dalam beberapa bentuk paket, di dalam satu paket memiliki jumlah yang berbeda beda. Jumlah yang ditawarkan yaitu isi 3, isi 4, isi 5 dan isi 6. Kemasan yang digunakan kurang sesuai dengan produk, hanya menggunakan wadah mika berbahan plastik. Bahan mika plastik tidak mampu menahan uap panas yang lama, jika suhu makanan yang dikemas terlalu panas dapat menyebabkan kemasan tersebut menjadi menyusut dan mengikuti bentuk produk, dan perekat kemasan memakai
stapler yang berbahaya jika terjatuh dan tercampur ke makanan saat membuka kemasan. Kemasan yang ada pada saat ini juga belum menunjukkan identitas dari warung Jajanan. Permasalahan yang terjadi dibutuhkan untuk perancangan kemasan yang baru. Strategi Perancangan tersebut meliputi Kemasan yang mampu melindungi produk dengan bahan yang memiliki kualitas baik untuk makanan, memiliki struktur yang menarik perhatian sebagai kunci utama dan sesuai dengan kemampuan produksi klien, Desain Kemasan yang menarik dan informatif sebagai media komunikasi antara produsen dengan konsumen, serta
mempresentasikan brand Warung Jajanan untuk meningkatkan nilai jual produk dan membuat brand Image lebih dikenal. Metode riset desain yang digunakan adalah metode wawancara, survei melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Pada teori juga membahas mengenai pengertian kemasan, desain kemasan, fungsi dan jenis kemasan, prinsip desain kemasan, elemen desain kemasan, konstruksi dan proses desain kemasan.

Kata Kunci : Modern, Unik, Buatan Sendiri, Pelanggan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Dwi Indah Rachmadani
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:08
Last Modified: 09 Aug 2022 04:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item
View Item