ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN AKSES KELUAR JATIKARYA RUAS TOL CIMANGGIS – CIBITUNG

4117010023, Reyhan Febrian Putra (2021) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PEMBUKAAN AKSES KELUAR JATIKARYA RUAS TOL CIMANGGIS – CIBITUNG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS] Text (HALAMAN IDENTITAS)
(IDENTITAS) Reyhan Febrian Putra-Eva Azhra Latifa-repository-dikonversi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 5 (ISI)] Text (BAB 2 - BAB 5 (ISI))
(ISI) Reyhan Febrian Putra-Eva Azhra Latifa-repository-dikonversi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of jurnal] Text (jurnal)
06-Reyhan Febrian Putra-Eva Azhra Latifa-rev.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (917kB)

Abstrak

Perkembangan infrastruktur khususnya bangunan jalan turut memberikan dampak pada perubahan dalam berbagai sistem di perkotaan pada suatu daerah. Perkembangan pada sistem transportasi termasuk diantaranya dalam pembukaan akses jalan tol tentunya akan berpengaruh dengan peningkatan arus lalu lintas. Dengan adanya pembukaan akses jalan tol menimbulkan simpang baru sehingga Jalan Alternatif Cibubur mengalami peningkatan yang tinggi terutama pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh akses jalan tol Cimanggis-Cibitung terhadap kinerja Jalan Alternatif Cibubur. Studi diawali dengan pengumpulan data sesuai dengan parameter yang diperlukan sebagai dasar analisis kinerja jalan yaitu derajat kejenuhan serta tingkat pelayanan berdasarkan PKJI 2014 dengan membandingkan kondisi dan asumsi keadaan normal (dengan membagi 75% dari kondisi eksisting). Hasil analisis didapatkan derajat kejenuhan tertinggi yaitu pada Jalan Alternatif Cibubur 0,74 dan jika diasumsikan dalam kondisi normal adalah 0,99 (tingkat pelayanan terendah E dengan kecepatan terendah menjapai 30,0 km/jam), panjang antrian 194,47 meter dan waktu tundaan mencapai 109,87 detik menandakan terjadinya konflik pada simpang bersinyal, karena panjang antrian mempengaruhi kinerja jalan alternati cibubur. Setelah melakukan simulasi dan mendapatkan optimasi simpang yang efektif yaitu pengaturan ulang waktu hijau dengan permodelan software VISSIM memberikan hasil yang lebih baik pada jam sibuk, serta menurunkan panjang antrian tertinggi sebesar 56,58% dan tundaan 80,16%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 388 Transportasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: S.Tr. Reyhan Febrian Putra
Date Deposited: 31 Aug 2021 05:32
Last Modified: 31 Aug 2021 05:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/572

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item