PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PELAKU UMKM KECAMATAN DUREN SAWIT, JAKARTA TIMUR)

4517030003, Aulia Rachma (2022) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PELAKU UMKM KECAMATAN DUREN SAWIT, JAKARTA TIMUR). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas_AuliaRachma_ABT8A_4517030003_2021.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2-4] Text (Isi Bab 2-4)
Isi Bab 2-4 _Aulia Rachma ABT 8A_4517030003_2021.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip (Jurnal)] Text (Manuskrip (Jurnal))
Manuskrip (Jurnal)_Aulia Rachma_ ABT 8A_4517030003_2021.pdf

Download (472kB)

Abstrak

AULIA RACHMA. Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pelaku UMKM Kecamatan Duren Sawit). Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM Kecamatan Duren Sawit. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi para pelaku UMKM dalam memperhatikan peluang sebuah inovasi produk serta orientasi pasar selama di masa pandemi covid 19. Dengan demikian, kinerja pemasaran UMKM di masa pandemi covid 19 dapat meningkatkan kembali penjualan yang pernah menurun. Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif kasual dengan pendekatan kuantitatif serta jumlah populasi sebanyak 1.086 pelaku UMKM dengan perhitungan sampel menggunakan rumus slovin. Sehingga jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunaka purposive sampling. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2, uji T, dan uji F. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi for windows. Hasil penelitiana ini menunjukkan bahwa persamaan regresi pada penelitian ini menunjukkan Y = 11,524 + 0,283(X1)
+ 0,417(X2) sudah layak digunakan. Berdasarkan dari hasil korelasi secara parsial variabel inovasi produk (X1) memberikan pengaruh terhadap kinerja pemasaran
(Y) sebesar 43,56%, sedangkan untuk variabel orientasi pasar (X2) memberikan pengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y) sebesar 34,22%. Berdasarkan dari hasil koefisien determinasi R2 sebesar 55,1% kinerja pemasaran dipengaruhi oleh inovasi produk dan orientasi pasar, sedangkan sisanya sebesar 44,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini seperti keunggulan digital marketing, orientasi kewirausahaan, keberlangsungan usaha, dan lain sebagainya. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran secara simultan (Uji F), dan berpengaruh antara inovasi produk dan orientasi pasast terhadap kinerja pemasaran secara parsial (Uji T) berdasarkan uji hipotesis.

Kata Kunci: Inovasi, Orientasi, dan Kinerja Pemasaran

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: S. Tr. AB Aulia Rachma
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:20
Last Modified: 13 Jan 2022 02:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4678

Actions (login required)

View Item
View Item