ANALISIS SWOT-AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA STRATEGI PEMASARAN BUKU RENEBOOK

4517030027, Bagus Triatmojo Wahyukusumo (2021) ANALISIS SWOT-AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA STRATEGI PEMASARAN BUKU RENEBOOK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Bagus Triatmojo_ABT8B_4517030027_2021.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4 Isi Skripsi] Text (Bab 2 s/d Bab 4 Isi Skripsi)
Isi Skripsi_Bagus Triatmojo_ABT8B_4517030027_2021.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Bagus Triatmojo_4517030027_ABT8B_2021.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (275kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang potensial bagi Penerbit Renebook di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran untuk mengidentifikasi segmentation, targeting, positioning dan Porter’s Five Forces dari strategi pemasaran Buku Renebook, kemudian menganalisis dan merumuskan faktor SWOT dengan teknik kualitatif dan mengevaluasi hasil rumusan dengan AHP untuk menemukan alternatif strategi pemasaran yang potensial untuk digunakan Renebook pada era digital. Analisis SWOT-AHP dari strategi pemasaran Buku Renebook memberikan hasil global weight, yaitu a) Strengths: banyak pilihan kategori buku 5,3%, menerbitkan buku yang mengikuti tren 7,6%, dan banyak promosi penjualan yang ditawarkan 16,9%; b) Weaknesses: merek yang belum terlalu dikenal 1,4%, belum memiliki banyak sumber daya manusia 3,7%, dan promosi untuk menarik penulis sedikit 5,4%; c) Opportunities: terdapat beberapa pasar genre buku yang belum dimasuki 14,2%, banyak penulis berbakat belum menerbitkan tulisannya 7,4%, dan kemampuan tawar-menawar pemasok sedang menurun 2,9%; dan d) Threats: banyak penerbit yang menerbitkan buku dengan genre yang sama 7,3%, banyak penerbit dengan branding lebih kuat di pikiran konsumen 8,4%, dan penjualan buku bajakan di marketplace dan penyebaran ¬e-book illegal 19,5% dengan hasil kepentingan alternatif, yaitu pemasaran tradisional 23,5%, pemasaran digital 59,8%, dan pemasaran e-book 16,7%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Bagus Triatmojo Wahyukusumo
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:31
Last Modified: 11 Oct 2021 06:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4047

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item