4517030027, Bagus Triatmojo Wahyukusumo (2021) ANALISIS SWOT-AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA STRATEGI PEMASARAN BUKU RENEBOOK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
This is the latest version of this item.
Halaman Identitas Skripsi_Bagus Triatmojo_ABT8B_4517030027_2021.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
Isi Skripsi_Bagus Triatmojo_ABT8B_4517030027_2021.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Bagus Triatmojo_4517030027_ABT8B_2021.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (275kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang potensial bagi Penerbit Renebook di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran untuk mengidentifikasi segmentation, targeting, positioning dan Porter’s Five Forces dari strategi pemasaran Buku Renebook, kemudian menganalisis dan merumuskan faktor SWOT dengan teknik kualitatif dan mengevaluasi hasil rumusan dengan AHP untuk menemukan alternatif strategi pemasaran yang potensial untuk digunakan Renebook pada era digital. Analisis SWOT-AHP dari strategi pemasaran Buku Renebook memberikan hasil global weight, yaitu a) Strengths: banyak pilihan kategori buku 5,3%, menerbitkan buku yang mengikuti tren 7,6%, dan banyak promosi penjualan yang ditawarkan 16,9%; b) Weaknesses: merek yang belum terlalu dikenal 1,4%, belum memiliki banyak sumber daya manusia 3,7%, dan promosi untuk menarik penulis sedikit 5,4%; c) Opportunities: terdapat beberapa pasar genre buku yang belum dimasuki 14,2%, banyak penulis berbakat belum menerbitkan tulisannya 7,4%, dan kemampuan tawar-menawar pemasok sedang menurun 2,9%; dan d) Threats: banyak penerbit yang menerbitkan buku dengan genre yang sama 7,3%, banyak penerbit dengan branding lebih kuat di pikiran konsumen 8,4%, dan penjualan buku bajakan di marketplace dan penyebaran ¬e-book illegal 19,5% dengan hasil kepentingan alternatif, yaitu pemasaran tradisional 23,5%, pemasaran digital 59,8%, dan pemasaran e-book 16,7%.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Bagus Triatmojo Wahyukusumo |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 06:31 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:31 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4047 |
Available Versions of this Item
-
ANALISIS SWOT-AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA STRATEGI PEMASARAN BUKU RENEBOOK. (deposited 14 Sep 2021 08:13)
- ANALISIS SWOT-AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA STRATEGI PEMASARAN BUKU RENEBOOK. (deposited 11 Oct 2021 06:31) [Currently Displayed]