Perancangan Identitas Visual UMKM Namakna

5017070553, Syahidah Nurbivi Vashti (2021) Perancangan Identitas Visual UMKM Namakna. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas skripsi, bab 1, bab 5, daftar referensi, daftar lampiran (Syahidah).pdf] Text
Halaman identitas skripsi, bab 1, bab 5, daftar referensi, daftar lampiran (Syahidah).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of isi skripsi bab 2-4 (Syahidah).pdf] Text
isi skripsi bab 2-4 (Syahidah).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of artikel ilmiah Syahidah Nurbivi Vashti.pdf] Text
artikel ilmiah Syahidah Nurbivi Vashti.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (553kB) | Request a copy

Abstrak

Identitas visual penting untuk dimiliki suatu usaha mikro kecil menengah agar konsumen mudah mengingat nama brand. Namakna adalah suatu usaha kuliner yang sudah ada sejak Januari 2020. Dengan tagline Namakna yaitu “Menyajikan makanan yang diiginkan”, Namakna menyediakan menu nasi kuning dan nasi uduk. Seiring berjalannya usaha tersebut, konsumen Namakna semakin meluas, namun belum memiliki identitas visual yang dapat dicantumkan pada kemasan dan media sosialnya, sehingga konsumen sulit untuk mengingat nama brand. Dengan identitas visual yang mampu mewakili brand Namakna, maka dapat membangun kepercayaan konsumen dan citra baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu wawancara, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan survei. Landasan teori yang digunakan adalah teori branding dan identitas visual, logo, warna, tipografi, gestalt, grid, graphic standard manual. Melalui proses mind map, moodboard, eksplorasi sketsa serta digitalisasi, hasil dari penelitian ini adalah identitas visual berupa logo, warna, tipografi dan supergraphic pattern yang diatur dalam sebuah buku graphic standard manual. Dengan konsep yang natural dan ramah serta gaya desain yang simple dan modern, identitas visual diterapkan pada media pendukung yaitu label kemasan, poster digital, nota pembelian, flyer dan banner. Buku panduan berupa GSM dan media pendukungnya di cetak menggunakan bahan sesuai dengan kebutuhan Namakna. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya identitas visual, maka UMKM Namakna dapat mengembangkan usaha nya dengan branding produk melalui media online maupun offline.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Ds Syahidah Nurbivi Vashti
Date Deposited: 23 Sep 2021 05:58
Last Modified: 23 Sep 2021 05:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

View Item
View Item