PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN HARGA PREMI ASURANSI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN

4517030039, Mutiara Islam Asir (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN HARGA PREMI ASURANSI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi_Mutiara Islam Asir_ABT 8A_4517030039_2021 (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Skripsi_Mutiara Islam Asir_ABT 8A_4517030039_2021.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Mutiara Islam Asir_ABT8A_4517030039_2021.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (436kB)

Abstrak

MUTIARA ISLAM ASIR. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Harga Premi Asuransi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara kualitas pelayanan kesehatan dan harga premi asuransi terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di Klinik Trimedika. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi pihak klinik dan pihak BPJS untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas yang ada. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif serta jumlah sampel yang di ambil sebanyak 97 responden yang ditentukan dengan teknik nonprobability sampling dengan metode pengambilan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan studi literatur dan penyebaran kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan, metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian ini diuji dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Kualitas pelayanan (X1) dan Harga premi asuransi (X2) berpengaruh signifikan sebesar 44,3%, (b) Koefisien determinasi sebesar 0,443. Hal ini berarti variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independent sebesar 44,3% dan 55,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, kualitas pelayanan dan harga premi asuransi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Klinik Trimedika Bekasi.

Kata kunci: Kualitas pelayanan, harga premi asuransi, kepuasan pasien

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: S. Tr. AB Mutiara Islam Asir
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:52
Last Modified: 29 Sep 2021 06:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item
View Item