PERANCANGAN MODEL KEMASAN PRODUK SATE BANDENG KHAS BANTEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING

5017010021, Abdil Hikam (2021) PERANCANGAN MODEL KEMASAN PRODUK SATE BANDENG KHAS BANTEN DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Sebagai komoditas produk pangan lokal, UMKM produk sate bandeng terbilang lambat dalam mengembangkan bisnisnya, hal ini disebabkan oleh kemasan produk yang belum baik. Contoh UMKM yang memiliki permasalah kemasan yaitu Central Sate Bandeng Ibu Mamah yang masih menggunakan plastik transparan sederhana. Menurut survei terhadap 30 konsumen mengenai kemasan sate bandeng di pasaran, didapatkan 70% kurang memenuhi keinginan konsumen, 30% belum memenuhi keinginan konsumen, dan 100% mengatakan kemasan sate bandeng perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan merancang model kemasan produk sate bandeng khas Banten sesuai keinginan konsumen dengan metode Kansei Engineering. Kansei Engineering merupakan teknologi yang menerjemahkan suatu perasaan dan citra (image) konsumen tentang suatu produk, kemudian diterjemahkan ke dalam elemen-elemen desain. Dalam Kansei Engineering, pendapat konsumen yang berupa kata Kansei diekstraksi menjadi suatu konsep menggunakan metode PCA. Kemudian metode Fuzzy AHP digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan seuatu elemen desain. Sedangkan metode QTT1 digunakan untuk menganalisis elemen desain kemasan yang akan digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah mengevaluasi 22 pasang kata Kansei dengan 27 sampel kemasan. Selanjutnya hasil evaluasi kata Kansei diekstrak menggunakan PCA dan menghasilkan 2 pasang konsep desain, yaitu “Traditional-Modern Attractive” dan “Standard-Creative Unique”. Selanjutnya diskusi pakar dilakukan untuk mendapatkan elemen-elemen kemasan. Setiap elemen kemasan dievaluasi tingkat kepentingannya menggunakan metode Fuzzy AHP, sehingga didapat hasil elemen “material” menjadi elemen terpenting, Tahap berikutnya dilakukan evaluasi konsep dengan sampel kemasan menggunakan QTT1 guna mendapatkan tipe-tipe elemen desain dan bentuk untuk digunakan dalam perancangan kemasan. Hasil QTT1 yang didapatkan yaitu: Material: Ivory/Art Carton, Bentuk/Jenis Kemasan: KKL (Fish Shape), Fitur Tambahan: Handle Sleeve, Dekorasi: Cetak Full Color, Gambar: Illustrasi, Typography: Rounded, Warna: Cerah, Layout: Simetris.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: Abdil Hikam
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:57
Last Modified: 20 Sep 2021 05:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item
View Item