5017010003, Bintan Karima Aziz (2021) PENGEMBANGAN KEMASAN MAINAN EDUKATIF BERBASIS KANSEI ENGINEERING DAN PENERAPAN INTERACTIVE PACKAGING: QR CODE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
HalamanIdentitasMahasiswa.pdf
Download (5MB)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
ManuskripArtikelIlmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (565kB)
Abstrak
Kemasan merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat dipertimbangkan pada saat ini. Kemasan sangat berpengaruh dalam penentuan perilaku konsumen pada saat pembelian produk. Desain visual pada kemasan memiliki peran dalam mempengaruhi preferensi konsumen. Semakin banyaknya variasi produk di pasaran membuat persaingan menjadi sangat ketat. Diperlukan diferensiasi untuk tetap mempertahankan konsumen dan mengembangkan lingkungan pasar. Saat ini, orang tua lebih memilih untuk memberikan mainan edukatif dalam mendampingi anak. Orang tua dapat dikatakan adalah penentu tren dalam pemilihan mainan untuk anak-anaknya. Hasil identifikasi kebutuhan konsumen didapatkan bahwa konsumen memerlukan produk yang informatif, memiliki warna yang menarik dan dapat menarik perhatian anak-anak. Kemasan untuk anak-anak juga memiliki pertimbangan khusus untuk mengatasi keterbatasan kognitif pada anak, maka konsep desain dengan elemen desain menarik lebih mudah tersimpan pada memori visual anak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konsep dan elemen desain sesuai dengan kebutuhan konsumen mainan edukatif. Hasil konsep desain yang dilakukan dengan menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA) dengan bantuan text mining menghasilkan tiga konsep desain, yaitu modern-fungsional, fun/ceria, dan simple. Identifikasi elemen desain menghasilkan 8 elemen desain yang relevan dengan 25 sampel kemasan terpilih yang ada dipasaran, yaitu material (X1), bentuk (X2), rasio ukuran (X3), warna (X4), tema label (X5), desain label (X6), typography (X7) dan fitur tambahan (X8). Analisis Quantification Theory Type-1 (QT1) dilakukan untuk mengkorelasikan hasil konsep desain dengan elemen desain yang telah terindentifikasi. Analisis QT1 menghasilkan konsep desain modern-fungsional sebagai konsep yang diasumsikan lebih mendekati preferensi konsumen dengan nilai Multiple Rsquared yang paling besar. Dilakukan juga studi tentang penerapan Interactive Packaging: QR Code sebagai strategi pemasaran dari mainan edukatif.
Kata kunci: Desain Kemasan, Interactive Packaging, Principal Component Analysis, TF-IDF, Quantification Theory Type-1.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4 |
User ID Pengunggah: | Bintan Karima Aziz |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:31 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 04:31 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3359 |