PENYELENGGARAAN PAMERAN STARTUP DI INDONESIA OLEH PT WINIEL MANTRA SEBAGAI RANCANGAN USAHA

2105413096, Elsa Alifiyah and 2105413098, Azzahra Putri Widiati and 2105413120, Muhammad Bintang Ferdinand (2025) PENYELENGGARAAN PAMERAN STARTUP DI INDONESIA OLEH PT WINIEL MANTRA SEBAGAI RANCANGAN USAHA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Business Plan_PT Winiel Mantra BAB 1 dan BAB 5.pdf

Download (8MB)

Abstrak

Evolusi gelombang transformasi digital yang melanda berbagai sektor industri, ekosistem startup di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Perkembangan ini tidak hanya menciptakan peluang bisnis baru, tetapi juga memunculkan kebutuhan akan platform kolaborasi. Hal ini sekaligus membuka peluang besar bagi penyelenggaraan pameran startup khusus yang dapat berfungsi sebagai wadah pertumbuhan industri, sekaligus menjawab kebutuhan konkret para pelaku usaha digital di Indonesia.
Perusahaan ini bergerak di bidang penyelenggaraan pameran dengan fokus utama pada ekosistem startup di Indonesia. Sebagai Produk utama yang ditawarkan, perusahaan menyediakan berbagai produk unggulan seperti business matching, pameran (exhibition), konferensi, leadership forum, dan workshop untuk mendukung pertumbuhan startup. Selain itu, perusahaan juga menghadirkan produk pendukung berupa program mentorship online yang mencakup konten media, edukasi, serta pendampingan langsung dari para ahli. Dengan penyelenggaraan ini, perusahaan bertujuan untuk memperkuat jaringan bisnis, meningkatkan pengetahuan, dan memberikan akses ke sumber daya yang dibutuhkan oleh para pelaku startup di Indonesia
Pemilihan perusahaan penyelenggara pameran didasarkan pada hasil survei kuesioner yang dilakukan sebelumnya. Data survei menunjukkan tingkat antusiasme yang sangat tinggi di kalangan exhibitor, sebesar 97,1% menyatakan ketertarikan untuk berpartisipasi dalam pameran startup. Selain itu, 94,1% responden mengakui bahwa pameran startup memberikan dampak positif dalam mencapai tujuan bisnis mereka. Berdasarkan perhitungan proyeksi penyelenggaraan pameran startup dan melihat kemampuan operasional perusahaan. Penyelenggaraan Indonesia Startup Expo (I-STEX) mengalami peningkatan frekuensi dari tahun ke tahun. Pada tahun 2026, pameran ini diadakan sebanyak satu kali, kemudian meningkat menjadi dua kali pada tahun 2027, dan bertambah lagi menjadi tiga kali pada tahun 2028. Selain itu, sebagai produk pendukung perusahaan, diselenggarakan juga program mentorship online yang dilaksanakan secara konsisten setiap tahun dengan frekuensi enam kali dalam setahun. Hal ini memperkuat bahwa pameran startup bukan hanya diminati, tetapi juga dinilai efektif oleh sebagian besar pelaku industri. Peningkatan jumlah penyelenggaraan I-STEX menunjukkan komitmen yang semakin kuat dalam mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia, sementara mentorship online berperan sebagai sarana pendampingan berkelanjutan bagi para pelaku usaha.
PT Winiel Mantra memulai operasional dengan modal awal sebesar Rp. 200.000.000. Perusahaan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan proyeksi peningkatan penjualan dari 2026 sebesar Rp 1.119.080.000, tahun 2027 sebesar Rp 1.872.253.485 dan pada tahun 2028 sebesar Rp 2.551.485.540. Pada arus kas perusahaan, terdapat peningkatan saldo kas tahun 2026 sebesar Rp 193.534.480, tahun 2027 sebesar Rp 344.131.808 dan tahun 2028 sebesar Rp 614.210.790. Sementara neraca keuangan menunjukkan keseimbangan antara aset dan liabilitas setiap tahunnya. Laba bersih perusahaan meningkat pada setiap tahunnya, tahun 2026 sebesar Rp 143.391.357, tahun 2027 sebesar Rp 329.430.729 dan tahun 2028 meningkat sebesar Rp 581.612.183. Periode pengembalian investasi tercapai dalam waktu 2 tahun 4 bulan 24 hari, dengan Return on Investment (ROI) yang meningkat dengan persentase ROI tahun 2026 sebesar 67,51%, tahun 2027 sebesar 89,95% dan tahun 2028 92.07%. Dengan mempertimbangkan seluruh faktor tersebut serta didukung oleh data dan analisis yang akurat, kami dengan penuh keyakinan menyatakan bahwa bisnis ini memiliki daya saing yang kuat dan berpotensi untuk berkembang secara berkelanjutan di masa depan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Par Elsa Alifiyah
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:49
Last Modified: 14 Oct 2025 02:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item
View Item