2208311013, Triah Meisarah (2025) ANALISIS PENJUALAN, SURVEI PASAR, DAN SWOT UNTUK STRATEGI PENINGKATAN USAHA MOCHI PADA USAHA CI MOCHI. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul dan penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JuduldanPenutup.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Bab 2 - 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IsiBab2Bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Usaha “Ci Mochi” merupakan usaha rintisan berbasis produk mochi yang dikembangkan sebagai bagian dari proyek mata kuliah kewirausahaan. Meski minat masyarakat terhadap mochi terus meningkat, usaha ini menghadapi tantangan seperti persaingan pasar dan perubahan preferensi konsumen. Tugas akhir ini bertujuan untuk menyajikan laporan penjualan, menganalisa hasil penjualan, menyampaikan hasil survei pasar, menganalisa hasil survei pasar dan menerapkan analisis SWOT guna merumuskan strategi peningkatan usaha. Metode yang
digunakan meliputi observasi langsung, survei melaui google form, studi pustaka, dan analisis deskriptif. Selama usaha berjalan dalam 2 semester, omzet penjualan sebesar Rp4.669.00 dengan jumlah produk sebanyak 667 pcs. Keuntungan yang diperoleh sebesar Rp2.334.500. Harga jual ditentukan seharga Rp7.000 dengan perhitungan HPP sebesar Rp3.500. Sedangkan survei pasar, untuk mengevaluasi persepsi konsumen terhadap rasa, harga, dan kemasan, yang masing-masing berada pada posisi positif (sebagian respon pelanggan ada pada pilihan ”baik” dan ”sedang”. Analisis SWOT menempatkan usaha pada Kuadran I, menunjukkan
kekuatan (internal) dan peluang (eksternal). Strategi utama pengembangan rintisan usaha Ci Mochi adalah memperhatikan peningkatan kualitas produk, promosi digital yang efektif, dan respons terhadap umpan balik konsumen agar bisa bertahan, semakin berkembang dan kompetitif di pasar lokal.
Kata kunci: analisis penjualan, survei pasar, SWOT, strategi bisnis, usaha mochi.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Manajemen Pemasaran D3 |
User ID Pengunggah: | Triah Meisarah |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 06:11 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 06:11 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32897 |