PENGARUH RISK PERCEPTION DAN INVESTMENT MOTIVATION TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Kasus Pada Kalangan Gen Z di Jawa Barat)

2104441059, Agnes Femmy Theresia Sihombing (2025) PENGARUH RISK PERCEPTION DAN INVESTMENT MOTIVATION TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Kasus Pada Kalangan Gen Z di Jawa Barat). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Agnes Femmy Theresia_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (371kB)

Abstrak

Pertumbuhan investor dari kalangan Generasi Z di Jawa Barat belum sepenuhnya diiringi dengan pemahaman memadai terkait aspek psikologis dalam pengambilan keputusan investasi, seperti risk perception dan investment motivation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh risk perception dan investment motivation terhadap keputusan investasi di pasar modal. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online kepada 150 responden menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria berusia 18–28 tahun, berdomisili di Jawa Barat, dan memiliki pengalaman berinvestasi. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara parsial, investment motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi, sedangkan risk perception tidak berpengaruh signifikan. Namun, secara simultan keduanya mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Temuan ini menunjukkan bahwa keputusan investasi Gen Z lebih dipengaruhi oleh investment motivation dibandingkan risk perception. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam penyusunan strategi edukasi keuangan yang lebih tepat sasaran bagi generasi muda.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 160 Logika > 167 Hipotesis, Hipotesa
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Agnes Femmy Theresia Sihombing
Date Deposited: 19 Sep 2025 10:08
Last Modified: 19 Sep 2025 10:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32739

Actions (login required)

View Item
View Item